Loading...

Advertisement

Anggaran TGUPP Dihapus Tahun 2020

Anggaran TGUPP Dihapus Tahun 2020
ist
Editor : Potan News — Senin, 11 November 2019 21:04 WIB
terasjakarta.id
Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang dibentuk Gubernur Anies tampaknya akan mengalami kendala dalam bertugas di tahun 2020. Pasalnya anggaran untuk TGUPP tidak ada lagi tahun depan. 

Dalam rapat antara Eksekutif dan Legislatif, Komisi A memangkas anggaran TGUPP Rp 19 miliar. Padahal Bappeda menyodorkan kenaikan anggaran TGUPP sebesar Rp 26,5 miliar.

"Tadi dalam rapat sesuai kesepakatan, anggaran TGUPP kita rekomendasikan masuk dalam dana operasional gubernur. Jadi tidak lagi menempel di Bappeda, dan semua itu sudah ketok palu," ujar anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Gembong Warseso, di gedung dewan, Jakarta Pusat, Senin (11/11).

Gembong mengungkapkan, pencoretan anggaran TGUPP itu, sudah menjadi kesepakatan bersama dalam rapat. Dia menjelaskan, tidak ada maksud lain dalam penghapusan anggaran. 

Sementara menanggapi soal keberadaan TGUPP, Gembong menilai hal itu merupakan hak gubernur. Namun untuk anggaran sebaiknya dialihkan ke operasional gubernur. 

"Semua sudah diputuskan bersama. Kita tidak menghalangi keberadaan TGUPP.  Silahkan semua berjalan dengan baik, namun anggarannya jangan dimasukan lagi ke Bapeda," jelas Gembong. 

"Selain itu kita DPRD ini juga kesulitan mengawasi penggunaan anggaran TGUPP karena bukan bagian dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Akan tetapi kalau masuk dalam biaya operasional gubernur silahkan saja," tambahnya. 

Sebelummya dalam rancangan Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD DKI Jakarta 2020, Bappeda menyodorkan kenaikan anggaran TGUPP sebesar Rp 26,5 miliar dari sebelumnya Rp 19 miliar.

Namun setelah dirapatkan antara Eksekutif dan Legislatif, Komisi A memangkas anggaran TGUPP hingga Rp 19 miliar.

Untuk diketahui, honor anggota TGUPP diatur dalam Keputusan Gubernur Nomor 2359 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan TGUPP. Kepgub tersebut mengatur gaji ketua TGUPP, ketua bidang dan anggota dengan beberapa grade yang didasarkan pada tingkat pendidikan dan pengalaman kerja.

Gaji maksimal untuk Ketua TGUPP, yakni senilai Rp 51,5 juta, gaji maksimal ketua bidang Rp 41,2 juta dan gaji anggota antara Rp 8 juta sampai Rp31,7 juta, disesuaikan tingkatan pendidikan dan lama masa kerja setiap anggota.

Gubernur Aries Anggaran TGUPP Dihapus Tahun 2020

Loading...

Related Post