Loading...

Advertisement

Fakta Menarik Dibalik Promo Belanja Online 11.11 dan 12.12

Fakta Menarik Dibalik Promo Belanja Online 11.11 dan 12.12
Editor : Melati Wow — Selasa, 12 November 2019 07:01 WIB
terasjakarta.id

Awalnya promo 11.11 ini berawal dari negara China pada tahun 1990, dimana promo 11.11 ini disebut sebagai Singles Day alias hari jomblo yang dirayakan oleh beberapa mahasiswa di sana. Promo 11.11 ini akhirnya mulai dikenal secara luas dan salah satu yang memulai promo 11.11 ini adalah rakasa e-commerce asal China, yaitu Alibaba.

Sekarang, festival belanja online ini menjadi sangat populer apalagi di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Terbukti pada tahun lalu, situs komunitas pecinta promo online, saleduck.co.id mencatat kenaikantraffic user yang mencari kode promo 11.11 hingga mencapai 100% dari hari biasanya. Hal ini juga didukung dengan laporan dari e-commerce Lazada yang mampu mencetak rekor baru yaitu terdapat lebih dari 20 juta pembeli di Asia Tenggara yang menelusuri dan mendapatkan promo terbaik via situs dan aplikasi Lazada selama 1 hari promo 11.11 berlangsung.

Di Indonesia sendiri, promo 11.11 juga ramai peminatnya dan selalu diikuti oleh beberapa toko online ternama seperti Lazada, Shopee, Blibli, Zalora, Matahari, dan toko online lainnya. Promo 11.11 ini sudah menjadi agenda tahunan yang selalu dinanti oleh para pecinta belanja online, karena selalu ada promo menarik yang bisa mereka dapatkan untuk berbagai produk yang diinginkan.

Berbeda dengan promo 11.11, promo 12.12 di indonesia sendiri sebenarnya tidak memiliki arti khusus. Promo 12.12 merupakan agenda promo akhir tahun yang termasuk dalam rangkaian promo Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Promo 12.12 pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012 yang pada awalnya dipelopori oleh beberapa toko online seperti Zalora, Lazada, Berrybenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan juga Luxola.

Kapan sih promo 11.11 dan 12.12?

 

 

Source: shutterstock

Promo 11.11 akan berlangsung pada tanggal 11 November setiap tahunnya, tepatnya pada pukul 00.00 WIB. Setiap toko online yang berpartisipasi pada promo 11.11 mulai menawarkan promo dengan nominal yang sangat menggiurkan. Beberapa hari sebelum puncak promo 11.11 dimulai, beberapa toko online biasanya sudah menawarkan diskon,cashback, hingga promo gratis ongkir yang dapat dinikmati oleh para konsumen. Tapi nominal diskon dan promo lainnya akan meningkat saat puncak promo 11.11 datang.

Bukan hanya promo 11.11, pada bulan Desember, juga ada promo 12.12 yang akan berlangsung pada 12 Desember. Promo akhir tahun ini juga ga kalah ramai nya dengan promo 11.11. Jadi untuk kalian yang ketinggalan promo 11.11 atau masih mau belanja online lebih murah hingga akhir tahun ini, jangan sampai kalian lewatkan promo 12.12 nya ya!

Kalian bisa dapatkan berbagai macam kode promo eksklusif 11.11 & 12.12 secara langsung di laman toko online atau kalian juga bisa dapetin berbagai kode promo Harbolnas pada situs komunitas kode promo yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Saleduck.co.id. Para online shopper tidak perlu susah-susah lagi mencari promo online satu persatu, karena semua nya sudah dirangkum secara eksklusif dalam satu website. Mau cari kode voucher Lazada terbaru? Cek ajah di sini.

Keuntungan saat berbelanja di promo 11.11 & 12.12

Belanja secara offline memang menyenangkan, kalian bisa cek dan merasakan langsung produk yang ingin dibeli. Tapi apa kalian yakin berbelanja offline saat promo berlangsung merupakan ide yang baik? Toko yang ramai pengunjung, menunggu antrian yang panjang, hingga perjalanan yang melelahkan harus kalian hadapi. Tapi tenang, belanjaonline di promo 11.11 dan 12.12 ga kalah serunya dengan berbelanja offline. Ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan saat berbelanja online di promo Harbolnas, di antaranya:

  • Tidak perlu menunggu antrian yang panjang
  • Berbelanja dari rumah, tidak perlu keluar rumah dan menghadapi kemacetan
  • Barang akan dikirim langsung ke rumah, jadi tinggal tunggu deh
  • Metode pembayaran yang beragam, mulai dari kartu kredit, debit, point, hingga COD
  • Lebih banyak diskon yang bisa kalian dapatkan, terutama pada promo Flash Sale
  • Diskon ekstra yang bekerja sama dengan pihak bank
  • Temukan kode promo spesial 11.11 dan 12.12 untuk dapatkan diskon ekstra

Banyak banget kan keuntungan yang bisa kalian dapatkan saat belanja online di promo 11.11 & 12.12, mulai dari cara berbelanja yang praktis via smartphone atau laptop hingga banyaknya diskon ekstra yang bisa kalian temukan dari kode promo spesial 11.11 & 12.12.

Tips berbelanja saat promo 11.11 & 12.12

 

Source: shutterstock

Saat promo Harbolnas berlangsung, para pelaku e-commerce mulai berlomba untuk memberikan diskon besar-besaran kepada para konsumen. Tapi kalian harus hati-hati loh, jangan sampai niat ingin berbelanja lebih murah, kalian malah jadi lebih boros karena tergiur dengan produk-produk promo dengan harga murah. Berikut tips berbelanja saat promo 11.11 & 12.12 berlangsung:

1. Catat produk yang kalian inginkan

Pastikan kalian sudah punya list untuk produk yang ingin kalian beli saat promo Harbolnas berlangsung. Catatan ini akan memudahkan kalian saat melakukan pencarian produk di toko online dan menghindari kalian untuk berbelanja produk yang tidak penting.

2. Sediakan budget yang pas

Promo 11.11 & 12.12 selalu memberikan penawaran yang menarik, sehingga membuat para konsumen tergoda untuk memiliki produk promo tersebut sehingga pengeluaran jadi tak terkontrol. Pastikan kalian tau berapa budget yang akan kalian keluarkan untuk berbelanja di promo Harbolnas tahun ini untuk menghindari pengeluaran yang berlebih.

3. Cek review dan ketersediaan produk

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui produk yang ingin kalian beli adalah cek review pembeli sebelumnya yang sudah pernah berbelanja. Kalian bisa cek bagaimana kualitas produk yang dijual hingga proses pengiriman yang dilakukan oleh seller.

Hingga kini, promo Harbolnas semakin diminati oleh para pecinta belanja online di Indonesia. Tercatat pada tahun 2018 terdapat peningkatan hingga 46% jumlah masyarakat Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam promo Harbolnas ini dan diperkirakan berhasil meraup transaksi sebesar Rp 6,8 triliun, atau naik Rp 2,1 triliun dibandingkan tahun 2017.

Jadi, bagaimana dengan tahun ini? Yuk ramaikan pesta belanja online nya agar kita bisa ikut serta memajukan industri e-commerce Indonesia dan meningkatkan kesadaran bahwa belanja online itu mudah, aman, dan lebih murah.



belanja 11.11

Loading...

Related Post