Loading...

Advertisement

Ini Kata Anies Menjawab Sindiran Tito

Ini Kata Anies Menjawab Sindiran Tito
Editor : Potan News — Rabu, 27 November 2019 13:36 WIB
terasjakarta.id

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggapi pesan dari pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang membandingkan kondisi Kota Jakarta dengan Beijing, China.

Menurut Anies, pernyataan itu berisikan pesan bagaimana sebuah negara dapat bertransformasi, khususnya dari segi pembangunan. Ia pun mengakui jika transformasi Beijing terjadi ratusan kali lipat dibanding Jakarta.


Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Budaya (Mendikbud) tersebut menilai bahwa sebuah transformasi besar tidak bisa dilakukan dalam waktu satu hingga dua malam, melainkan butuh proses panjang.


"Pesan penting dari tadi adalah jangan berpikir semua selesai dalam 1-2 malam. Tapi kerja yang waktunya panjang. Karena itu, kita bicara pembangunan infrastruktur misalnya. Ini proses pembangunan yang cukup panjang," ucap Anies di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Oleh sebab itu, Anies pun mengatakan kalau pernyataan mantan Kapolri tersebut tidak hanya menyoroti persoalan kata 'kampung'. Namun bagaimana sebuah negara konsisten melakukan transformasi.

"Lebih dari soal kata 'kampung', jadi kan itu memang clickbait, menarik, tweetable gitu. Tapi sesungguhnya, ini adalah pesan penting bagaimana transformasi sebuah negara itu terjadi, dikerjakan dengan konsisten selama beberapa dekade, dan sekarang mereka merasakan buahnya," paparnya.


Diberitakan sebelumnya, dalam pidato di acara Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Tito menyebutkan bahwa kini Jakarta terlihat seperti kampung dibandingkan dengan Beijing.

"Saya yakin Pak Anies sering ke China, ke Beijing-Shanghai. Dulu mungkin ya, ah ini negara (China) dengan Jakarta saja Beijing-nya kita lihat sudah seperti kampung. Kalau sekarang kita lihat Jakarta kayak kampung dibandingkan dengan Beijing," kata Tito.



Gubernur Anies Menjawab Sindiran Tito Shanghai

Loading...

Related Post