Loading...

Advertisement

Pakar Hukum Minta Imigrasi Periksa Status Kewarganegaraan Agnez Mo

Pakar Hukum Minta Imigrasi Periksa Status Kewarganegaraan Agnez Mo
ist
Editor : Potan Wow — Rabu, 27 November 2019 19:25 WIB
terasjakarta.id

Penyanyi sekaligus pelaku peran Agnez Monica alias Agnez Mo, mengaku dirinya tidak ada mengalir darah Indonesia. Dia menyebut orang tuanya berdarah Jerman, Jepang, dan China.

Menanggapi hal itu, guru besar hukum internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi harus melakukan pengecekan status kewarganageraan Agnez Mo.

"Pengakuan dari wawancara Agnez Mo bahwa ia tidak ada kaitan dengan Indonesia kecuali lahir, perlu dilakukan pengecekan status kewarganegaraannya," ujar Hikmahanto, di Jakarta,  Rabu (27/11).

Menurut Hikmahanto, berdasarkan Undang-undang Kewarganegaraan, Indonesia bukan penganut kewarganegaraan yang didasarkan pada dimana seseorang lahir atau ius soli, melainkan kewarganegaraan didasarkan pada keturunan orang tua atau ius sanguinis.

"Bila Agnez Mo memiliki kewarganegaraan Indonesia maka perlu dipertanyakan dari mana kewarganegaraan Indonesia tersebut didapat," tegasnya.

Bila orang tua Agnez Mo bukan warga negara Indonesia, kata dia, maka kewarganageraannya besar kemungkinan diperoleh secara tidak sah.

"Bila ternyata Agnez Mo berkewarganegaraan asing maka Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi harus melakukan pengecekan atas visa yang dimiliki Agnez Mo," jelasnya.

Lebih lanjut Hikmahanto yang juga pengamat politik ini mengatakan, Ditjen Imigrasi harus segera melakukan pendalaman atas status kewarganegaraan Agnes Mo, hal itu untuk menentukan apakah perlu dimasukkan ke dalam daftar tangkal masuk ke Indonesia.

"Bila Agnes Mo masuk dalam daftar tangkal maka Agnes Mo tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia sampai namanya dicabut dalam daftar tangkal," pungkasnya.

Pakar Hukum Imigrasi Periksa Status Kewarganegaraan Agnez Mo

Loading...

Related Post