Loading...

Advertisement

ITS Berhasil Temukan Alat Bantu Terapi Pasien Pascastroke

ITS Berhasil Temukan Alat Bantu Terapi Pasien Pascastroke
ist
Editor : Potan News — Minggu, 1 Desember 2019 13:38 WIB
terasjakarta.id

Laboratorium Perancangan dan Pengem­bangan Produk (P3) Teknik Mesin, Institut Teknologi Se­puluh Nopember (ITS), memperkenalkan inovasi berupa Sepeda Roda Tiga ITS (SeraITS) sebagai alat bantu terapi pasien pascastroke.

Kepala Lab P3 Teknik Mesin ITS, I Made Londen Batan, menjelaskan terapi pascastroke merupakan bagian dari rangkaian perawatan penyakit stroke. Menurutnya, alat bantu terapi fisik yang umum digunakan hingga saat ini bersifat statis seperti contohnya alat terapi treadmill, sepe­da statis dan sepeda statis platinum.

“SeraITS memberikan alternatif, di mana alat fisioterapi dapat berfungsi sekaligus sebagai alat mobilitas. Ini tentu da­pat memberikan banyak manfaat yang tidak bisa dihasilkan alat bantu terapi statis,” ujarnya di Surabaya.

Londen menambahkan, setelah berbagai pengujian, desain SeraITS yang terakhir dengan dua roda di belakang dan satu roda di bagian depan menjadi desain yang paling optimal. Se­dangkan untuk pengujian, ia mencoba pada lima pasien stroke setengah (sebagian tubuh) yang sedang mengalami fase pera­watan pascastroke di RSU Haji selama sebulan.

“Pengujian sebanyak tiga kali dalam satu minggu pada pasien. Banyak kemajuan yang terjadi, ada pasien yang sudah bisa berjalan setelah menjalani terapi,” pungkas­nya. 

ITS Berhasil Temukan Alat Bantu Terapi Pasien Pascastroke

Loading...

Related Post