Loading...

Advertisement

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember, ini 25 Kota yang akan Dilewati

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember, ini 25 Kota yang akan Dilewati
Editor : Melati News — Minggu, 15 Desember 2019 09:19 WIB
terasjakarta.id

Diketahui, gerhana matahari terjadi saat cahaya matahari terhalang oleh bulan yang membuat cahaya tidak semuanya sampai ke Bumi. Fenomena ini dipicu oleh pergerakan dinamis antara Matahari, Bumi, dan Bulan pada saat fase bulan baru.

Nah, sebentar lagi masyarakat Indonesia pun bisa menyaksikan fenomena langka ini. Dikatakan bahwa gerhana akan melintas di langit Indonesia pada 26 Desember 2019.

Hal ini berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Mereka membuat cuitan di twitter mengenai fenomena gerhana matahari ini.

GERHANA MATAHARI CINCIN 26 DESEMBER 2019

(A Thread)#GMC2019 #gombalGMC pic.twitter.com/PhHK5CeKTY

— BMKG (@infoBMKG) December 13, 2019

Selain itu, BMKG juga menyebut beberapa kota yang bisa melihat fenomena ini. Berikut ini sejumlah wilayah yang akan dilintasi Gerhana Matahari Cincin 26 Desember ini, berdasarkan pernyataan resmi BMKG.

Aceh: Sinabang dan Singkil

Sumatra Utara: Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, dan Sibuhuan

Riau: Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, dan Selat Panjang

Kepulauan Riau: Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Bandar Seri Bentan

Kalimantan Barat: Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, dan Putussibau

Kalimantan Timur: Tanjungredep

Kalimantan Utara: Tanjungselor

Gerhana paling awal di Sabang, Aceh

Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Universe Today)

Diketahui bahwa waktu gerhana paling awal akan dimulai terjadi di Sabang, Aceh, pada pukul 10.03 WIB. Sementara kota yang waktu mulai gerhana paling terakhir adalah Merauke, Papua, yakni pada pukul 14.37 WIT.

Sementara itu, untuk puncak Gerhana Matahari Cincin ini juga berbeda-beda di setiap daerah. Untuk Indonesia, wilayah yang alami puncak paling awal adalah Sabang yang terjadi pada pukul 11.49 WIB. Semetara kota yang mengalami waktu puncak gerhana paling terakhir adalah Jayapura, sekitar pukul 15.51 WIT.

Tak hanya Indonesia, gerhana Matahari Cincin juga melintasi langit beberapa wilayah di negara lain, yakni Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Sri Lanka, Samudra India, Samudra Pasifik, Singapura, dan Malaysia.



gerhana matahari cincin

Loading...

Related Post