Loading...

Advertisement

Tips Menggunakan Sunscreen Spray yang Tepat Menurut Dermatolog

Tips Menggunakan Sunscreen Spray yang Tepat Menurut Dermatolog
Editor : Melati Wow — Kamis, 19 Desember 2019 09:01 WIB
terasjakarta.id

Memiliki manfaat penting untuk kulit, sunscreen hadir dengan berbagai jenis yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Ada yang berupa lotion, stick, dan spray yang memiliki perbedaan dalam cara bekerja maupun penggunaannya.

Pada tahun 2018, Journal of the American Academy of Dermatology pernah membuat riset bahwa penggunaan sunscreen spray sama banyaknya dengan lotion. Tetapi, apakah penggunaan sunscreen spray sama efektifnya dengan lotion yang dapat bekerja secara maksimal untuk melindungi kulit dari sinar UV? Tentu bisa, asalkan kamu mengaplikasikannya secara tepat, seperti saran dari Raman Madan, seorang dermatolog, berikut ini.

Apakah sunscreen spray efektif?

Meski mampu melindungi kulit dari sinar matahari, khasiat sunscreen spray akan mudah menghilang jika kamu tidak mengaplikasikannya secara tepat. Terlebih lagi, sunscreen yang disemprotkan pada kulit berupa butiran air, sehingga sulit mengetahui apakah kamu telah menggunakannya dalam jumlah yang cukup atau tidak. "Sunscreen spray bukannya tidak berfungsi sebaik lotion, tetapi masalahnya adalah banyak yang perlu diterapkan untuk mendapatkan manfaat yang sama," jelas dr. Madan. Jika menggunakan sunscreen dengan SPF 45 selama 2-3 detik, kamu sebenarnya hanya mendapatkan perlindungan SPF 10-12. Maka tidak heran, dari 99% ahli kulit, hanya 69% yang merekomendasikan penggunaan sunscreen spray.

Jika dibandingkan, penggunaan sunscreen lotion jauh lebih akurat daripada spray. Setidaknya, orang dewasa kembali mengaplikasikan sunscreen sebesar biji bunga matahari setiap dua jam sekali. Sementara itu, untuk mendapatkan perlindungan yang sama, dibutuhkan enam kali lebih banyak ketika menggunakan sunscreen spray. "Jika ingin memastikan apakah penggunaannya sudah cukup, kamu dapat menyemprotkan sunscreen selama 6 detik atau sampai terlihat putih," jelasnya.

Apakah penggunaan sunscreen spray tidak direkomendasikan untuk anak-anak?

Sunscreen pada anak/copyright shutterstock

Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga perlu menggunakan sunscreen. Tetapi pertanyaannya, apakah sunscreen spray aman digunakan untuk mereka? "Itu tergantung pada apa yang kamu miliki, tetapi tetap utamakan lotion jika memungkinkan," jawab dr. Madan.

Ia merekomendasikan untuk menghindari sunscreen spray pada anak-anak karena risiko menghirup partikel yang terdapat di dalamnya. Sunscreen spray juga tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik untuk orang dewasa, lho. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), inilah waktu yang tepat untuk menggunakan sunscreen lotion daripada

spray:Cuaca berangin: Kondisi ini ditujukan ketika kamu sedang berada di luar ruangan, seperti di pantai atau kolam renang. Pasalnya, jika menyemprotkannya di luar ruangan, tidak menutup kemungkinan sunscreen akan tersapu oleh angin.

Dekat dengan sesuatu yang panas atau api: Ingat, sunscreen dalam bentuk aerosol dapat terbakar. Hindari menyemprotkannya di dekat panggangan, lilin, rokok yang menyala, atau api yang terbuka. Dan pastikan kulit kamu benar-benar kering, sebelum mendekati sumber api.

Apakah perlu meratakan sunscreen spray yang telah disemprotkan?

Ilustrasi sunscreen/copyright shutterstock

Jika kamu masih bingung, apakah sunscreen spray perlu diratakan kembali setelah disemportkan, jawabannya perlu, guna mendapatkan manfaatnya secara penuh. Seorang direktur dari Health, Beauty & Environmental Sciences Lab at the Good Housekeeping Institute, Birnur Aral, menyarankan untuk tidak menyemprotkan sunscreen spray di dalam ruangan, karena dapat mempengaruhi kualitas udara dan membuat lantai menjadi licin. "Dekatkan nozel pada kulit dan semprotkan sampai kamu bisa melihatnya di kulit. Kemudian, gosok SPF pada kulit dan pastikan rata pada semua area," ungkap AAD.

Bagaimana mengaplikasikan sunscreen spray pada wajah?

Apakah selama ini kamu kerap menggunakan sunscreen spray dengan langsung menyemprotkannya pada wajah? Segera hentikan kebiasaan tersebut ya, karena ternyata tidak disarankan oleh pakar. Memiliki risiko terhirup, jangan pernah menyemprotkan sunscreen spray di dekat wajah atau mulut. Sebagai solusi, AAD menyarankan untuk menyemprotkannya terlebih dahulu pada tangan kemudian diaplikasikan pada wajah.



tips sunscreen

Loading...

Related Post