Loading...

Advertisement

Ini Alasan Dewan Kenapa Perlu Dibentuk Pansus Banjir

Ini Alasan Dewan Kenapa Perlu Dibentuk Pansus Banjir
Editor : Potan News — Jumat, 10 Januari 2020 15:19 WIB
terasjakarta.id

DPRD DKI Jakarta berencana akan membentuk panitia khusus (pansus) untuk menyelidiki penyebab banjir Jakarta pada awal tahun baru lalu.

Saat ini persiapan pembentukan pansus sudah mulai dilaksanakan antara lain mengumpulkan tanda tangan anggota dewan. 

Anggota Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Jupiter mengatakan, pembentukan Pansus Banjir untuk membela dan menyelamatkan kepentingan rakyat Jakarta. 

Pansus kata dia, bukan untuk menyerang Gubernur Anies apalagi mengganggu jalannya roda pemerintahan.

"Pansus tidak boleh menyerang pribadi atau mengganggu kepemimpinan yang sah," ujar Jupiter, di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Jumat (10/1). 

Jupiter menjelaskan, pansus banjir justru untuk membantu gubernur dalam mencari solusi terhadap pengendalian banjir di Ibukota. Dia menilai, Pemprov DKI belum mempunyai konsep penanganan banjir yang mumpuni. 

"Seperti tidak ada SOP dalam penanggulangan banjir untuk petugas pompa," jelas Jupiter. 

"Kita akan berjuang untuk mencari fakta data dan informasi sehingga mendapatkan konsep yang jelas terkait penanganan banjir. Sehingga ada solusi dan konsep untuk kita anggarkan dalam APBD 2021," tambahnya. 

Sementara anggota Fraksi PKB, Yusuf menyebut pansus banjir bertujuan mencari solusi penanganan banjir. Sebab musibah banjir kata dia, tidak hanya kerugian dialami warga, Pemprov sendiri rugi setiap banjir melanda Jakarta. 

"Ini adalah perjuangan suci dan mulia yang tidak dipikirkan oleh Pemrov DKI untuk menghindari kerugian triliunan rupiah setiap tahunnya," jelas Yusuf. 

"Kerugian lain bisa tergambar dari beberapa hal yang yang bersinggungan dengan masyarakat. Yang tadinya ada kegiatan ekonomi yang berindikasi pendapatan pajak, namun akibat banjir peluang tersebut hilang," pungkasnya. 

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI, Basri Baco, menyebut akan mengusulkan pembentukan pansus untuk menyelidiki penyebab banjir. Sudah ada enam fraksi yang setuju akan rencana ini yakni Golkar, PAN, PSI, Demokrat, NasDem, dan PDIP.

Pansus Banjir DPRD DKI Pemprov DKI

Loading...

Related Post