Loading...

Advertisement

Kecelakaan Beruntun di Antasari, Sopir Pelajar Jadi Tersangka

Kecelakaan Beruntun di Antasari, Sopir Pelajar Jadi Tersangka
Editor : Melati News — Minggu, 12 Januari 2020 20:59 WIB
terasjakarta.id

Pengendara mobil Toyota Corolla Altis berinisial RWHS (18) yang masih berstatus pelajar ditetapkan sebagai tersangka terkait kecelakaan beruntun di Jalan Raya Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (12/1).

“Betul, pengemudi Toyota Altis ditetapkan sebagai tersangka,” kata Panit Laka Polres Metro Jakarta Selatan Iptu Mulyadi mengutip kumparan.

Mulyadi mengatakan RWHS disangkakan Pasal 310 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Ia juga tak ditahan karena sanksi pidana hanya satu tahun penjara.

“Tersangka tidak dilakukan penahanan karena sanksi pidananya maksimal satu tahun, sedangkan yang dapat dilakukan penahanan sanksi pidananya lima tahun atau lebih,” ucap Mulyadi.

Dalam pasal itu, penetapan tersangka dilakukan karena menimbulkan kerusakan (pasal 1), dan korban luka (pasal 2)

Kecelakaan di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Foto: Twitter/ @TMCPoldaMetro

Berikut bunyi Pasal 310 Ayat 1 dan 2 dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ:

Ayat 1

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan dan/ atau denda paling banyak Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Ayat 2

*Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (3), dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah). *

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Meteo Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan RWHS hilang konsentrasi sehingga menabrak empat kendaraan di depannya.

“Karena kurang hati-hati dan konsentrasi sehingga menabrak kendaraan lain,” kata Fahri.

Fahri memastikan tidak korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. Pengemudi mobil dan motor hanya mengalami luka ringan dan sudah mendapat perawatan.

Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Pangeran Antasari, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (12/1). Kecelakaan itu melibatkan empat unit mobil dan sebuah motor.



pelajar tersangka kecelakaan

Loading...

Related Post