Loading...

Advertisement

Ketua DPRD DKI Heran Revitalisasi Monas dengan Menebang 190 Pohon

Ketua DPRD DKI Heran Revitalisasi Monas dengan Menebang 190 Pohon
ist
Editor : Potan News — Senin, 20 Januari 2020 14:50 WIB
terasjakarta.id

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) akan melakukan revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas). Dalam revitalisasi itu sebanyak 190 pohon besar yang sudah berumur puluhan tahun akan ditebang. 

Menanggapi rencana penebangan pohon itu, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mengaku heran dan menyayangkan tindakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menebang 190 pohon di kawasan Monumen Nasional (Monas) dengan dalih revitalisasi untuk ruang terbuka publik serta integrasi transportasi.

Prasetyo mengatakan, ratusan pohon ditebang itu berukuran besar dan tentunya telah menghabiskan  waktu lama untuk tumbuh sebesar itu. Sangat disayangkan ketika Jakarta masih membutuhkan penghijauan namun justru dilakukan penebangan pohon.

"Ini yang kadang saya heran, apa lagi? Sangat disayangkan karena pohon-pohon di Monas itu sudah besar-besar dan butuh puluhan tahun untuk Jakarta memiliki pohon seperti itu lagi," ujar Prasetio seperti dikutip poskota.id, Senin (20/1).

Politisi PDI-P iyang akrab disapa Pras itu, merasa aneh karena negara-negara lain berlomba-lomba melakukan penghijauan namun Pemprov DKI malah menebang pohon dengan jumlah tidak sedikit.

"Lagi pula yang saya tahu Monas itu cagar budaya, nggak boleh sembarangan revitalisasi. Makanya perlu ditinjau lagi konsep, kajian, dan rencana induknya seperti apa," tegas Pras.

Untuk itu, Pras melalui Komisi D DPRD DKI berencana memanggil pihak terkait untuk memberikan penjelasan terkait konsep revitalisasi kawasan Monas. 

Dalam hal ini, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di antaranya  Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) serta UPK Monas.

"Saya akan minta Komisi D untuk memanggil SKPD terkait. Karena cagar budaya tadi, Monas tidak bisa sembarang diperlakukan, untuk bangun ini itu," ucap dia.

Berdasarkan siaran Pers Pemprov DKI, Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sanuri, mengatakan rancangan utama revitalisasi adalah membangun Lapangan Plaza sebagai wadah ekspresi warga di setiap sisi Monas. Serta pembangunan kolam yang dapat merefleksikan bayangan Tugu Monas.

Sementara revitalisasi Monas, Pemprov menganggarkan Rp114,47 miliar. Saat ini proses revitalisasi mulai dilaksanakan di area Plaza Selatan seluas 34.841 m2. Namun, Isa mengklaim tidak melakukan penebangan melainkan pemindahan pohon.

"Dari 190 pohon di area selatan, beberapa akan dilakukan pemindahan ke area barat, timur, serta area parkir kendaraan yang selama ini berada di kawasan Medan Merdeka, atau dikenal dengan eks parkir IRTI," ucap dia.


Rvitalisasi Minat 190 Pohon Ditebang Ketua DPRD DKI

Loading...

Related Post