Loading...

Advertisement

Ide Bekal Sekolah Anak: Pizza Roti Tawar yang Mudah Dibuat

Ide Bekal Sekolah Anak: Pizza Roti Tawar yang Mudah Dibuat
Editor : Melati Top kuliner — Senin, 3 Februari 2020 22:43 WIB
terasjakarta.id


Tak melulu nasi, Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis karbohidrat untuk energi anak. Mulai dari kentang, ubi, gandum, singkong, sereal hingga roti cocok untuk Anda sajikan sebagai bekal sekolah anak.

Ya, roti bisa jadi salah satu alternatif sumber karbohidrat. Apalagi, untuk mendapatkannya juga tidak sulit, Moms. Menurut pakar nutrisi Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., roti merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk anak, Moms.

“Sumber energi dari karbohidrat memang enggak harus nasi. Nasi bisa diganti dengan roti, nasi, atau singkong, bisa pasta. Apa saja boleh,” jelas dr Saptawati beberapa waktu lalu.

Mengutip laman Healthy Eating, rupanya kandungan kalori dan karbohidrat pada roti lebih rendah daripada pada nasi. Karbohidrat diproses di dalam tubuh menjadi glukosa, sehingga jika Anda ingin mengurangi asupan gula pada anak, roti bisa menjadi pilihan tepat daripada nasi.

Potong roti. Foto: Pixabay

Selain itu, roti juga mengandung lebih banyak serat dibandingkan nasi! Setengah cangkir nasi putih mengandung 0,3 gram serat, sementara satu potong roti tawar mengandung 0,4 gram serat. Kandungan potasium di dalam roti juga mampu meningkatkan kesehatan jantung anak. Diikuti dengan kandungan anti-oksidan tinggi yang bisa membantu tubuh si kecil melawan sel-sel kanker.

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung pada roti, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengolahnya jadi bekal sekolah anak. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah: pizza roti tawar. Pernah membuatnya, Moms? Bila belum yuk langsung saja ikuti resep berikut ini:

Bahan:

3 buah roti tawar

1/2 buah jagung manis, pipil

Kornet secukupnya

1/2 buah bawang bombay, iris

Crab stick (pilihan), iris

Margarin

Keju, parut

Saus tomat dan saus sambal atau bisa diubah dengan saus bolognese

Mayonaise secukupnya

Garam

Lada bubuk

Gula pasir

Cara membuat:

Pizza roti tawar untuk bekal sekolah anak. Foto: Shutter Stock

1. Panaskan margarin kemudian masukan bawang bombay dan tumis.

2. Setelah itu tambahkan jagung dan kornet, aduk sampai rata. Masukan juga garam, gula pasir, dan lada bubuk secukupnya. Masak sampai jagung matang.

3. Siapkan roti boleh dibagi jadi dua atau tidak, lalu olesi dengan margarin, saus tomat dan sambal atau saus bolognese.

4. Setelah tumisan matang, taruh ke atas roti. Bila sudah, taburi keju di atasnya

5. Panaskan teflon beri sedikit margarin, lalu masukan roti dan tutup teflon, masak dengan api kecil sampai keju lumer. Boleh juga panggang menggunakan oven selama 10 menit sampai keju meleleh.

6. Angkat dan masukan ke dalam kotak bekal anak.

Mudah, kan? Selamat mencoba, Moms!

makanan anak

Loading...

Related Post