Loading...

Advertisement

Rencana Eks ISIS Pulang ke Indonesia, Komisi VIII: Potensi Gejolak Besar Kemungkinan Muncul

Rencana Eks ISIS Pulang ke Indonesia, Komisi VIII: Potensi Gejolak Besar Kemungkinan Muncul
ist
Editor : Potan News — Senin, 10 Februari 2020 12:21 WIB
terasjakarta.id


Anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah Rusli Habibie menilai, keberadaan 600 warga negara Indonesia (WNI) mantan kelompok ISIS bila dipulangkan ke Indonesia berpotensi akan menimbulkan gejolak di tengah masyarakat. , Menurut Idah, pemerintah tidak memulangkan merek.

“Bisa jadi akan ada gejolak baru yang timbul dalam lingkungan masyarakat (Indonesia),” kata Idah seperti dikutip Kronologi.id, Minggu (9/2).

Politikus asal Gorontalo itu menjelaskan, untuk melakukan penyembuhan atau memulihkan paham para WNI eks ISIS agar kembali berideologi Pancasila dan mengakui NKRI, membutuhkan waktu yang cukup lama. Termasuk menggunakan pendekatan yang berbeda. Sebab, yang ditangani bukan hanya pada orang tua tetapi juga ada anak-anak.

“Membtuhlan waktu yang lama (untuk menyembuhkan mereka). Karena, diperlukan strategi dan pendekatan tanpa kekerasan. Krn pengikut juga punya keluarga (istri dan anak-anaknya), sehingga perlu pendekatan untuk menghilangkan traumatis,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Idah, penangananya ini tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah saja, perlu melibatkan semua stakeholder.

“Penyembuhan ini melibatkan bayak pihak, misalnya ulama, tokoh masyarakat, hingga psikolog.Tentunya masyarakat juga belum siap menerima mereka,” tukasnya.



Eks ISIS Pulang ke Indonesia Komisi VIII

Loading...

Related Post