Loading...

Advertisement

Fraksi PDIP Akan Keluarkan Fatwa Soal Pilihan Wagub

Fraksi PDIP Akan Keluarkan Fatwa Soal Pilihan Wagub
foto terasjakarta.id
Editor : Potan News — Selasa, 11 Februari 2020 15:42 WIB
terasjakarta.id
Fraksi PDIP akan mengeluarkan fatwa kepada anggota fraksi terkait pilihan calon wakil gubernur DKI Jakarta. 

Hal itu disampaikan Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono dalam menanggapi adanya sebagai anggota dewan yang sudah secara terang-terangan menyampaikan pilihannya.

Menurut Gembong, fatwa itu merupakan bagian dari demokrasi. PDIP kata Gembong, menganut sistem demokrasi terpimpin, sehingga anggota harus taat aturan pimpinan. 

"Fatwa nanti dikeluarkan menjelang proses pemilihan. Di dalamnya pasti disebutkan arah dukungan kepada salah satu calon tersebut," ujar Gembong di gedung dewan, Jakarta Pusat, Selasa (11/2).

"Fatwa tersebut bagian dari demokrasi. PDIP menganut sistem demokrasi terpimpin, itu sudah menunjukkan bahwa para anggota harus patuh pada pimpinan," tambahnya. 

Gembong menambahkan, untuk saat ini semua anggota boleh menyampaikan dukungan pada siapapun, akan tetapi aturan partai wajib untuk diikuti. 

"Kalau sekarang boleh saja anggota menyampaikan arah dukungan. Namun nanti apabila ada kebijakan partai, kalau saya menyebutnya fatwa, ya wajib dilaksanakan," pungkasnya. 

Untuk diketahui sebelumnya, Seketaris Fraksi PDIP, Dwi Rio Sambodo mengaku secara terbuka mendukung Nurmansyah Lubis mendampingi gubernur DKI Anis Baswedan. Dia beralasan, sosok Nurmansjah lebih teruji dan sudah paham masalah yang terjadi di Jakarta. 

“Secara pribadi saya melihat Ancah pantas menjadi wagub,” ujar politisi muda itu kepada terasjakarta.id, Senin (10/2).

Bang Ancah sudah sangat tau persoalan yang terjadi di Jakarta. Beliau pernah anggota dewan dan bisa memahami cara kerja antara eksekutif dan legialatif. Namun demikian, kita tunggu saja sikap partai, untuk waktunya kapan bakal diumumkan? Kita tunggu saja tanggal mainnya,” ujar ketua DPC PDIP Jaktim itu.


Fraksi PDIP Keluarkan Fatwa Wagub

Loading...

Related Post