Loading...

Advertisement

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?
Editor : Melati Top kuliner — Senin, 17 Februari 2020 16:07 WIB
terasjakarta.id

Dessert merupakan menu-menu yang disajikan setelah kamu menyantap makanan menu utama (main course) atau biasa disebut dengan hidangan pencuci mulut.

Nah, tahukah kamu kalau dessert banyak sekali jenis-jenis sajiannya? Untuk kamu yang belum mengetahui yuk mari simak jenis-jenisnya di bawah ini. 

1. Custard dan puding

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?

Puding adalah campuran susu dengan gula, yang dikentalkan dengan pati gelatin (biasanya tepung jagung atau maizena) dan dimasak di atas kompor. Puding biasanya disajikan saat dingin, tetapi bisa juga disajikan hangat atau suhu ruangan.

Sedangkan custard juga terbuat dari susu dan gula. Namun custard memakai telur utuh untuk pengentalnya sehingga teksturnya lebih padat dari pada puding.

Selain itu, pembuatan custard biasanya menggunakan metode double boiler atau au bain-marie yaitu pemanggangan dengan cara menaruh loyang berisi custard di atas loyang yang berisi air. 

2. Dessert beku

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?

Dessert beku terdiri dari es krim, gelato, frozen custard, sherbet, sorbet, dan frozen yogurt. Semua menu pencuci mulut jenis dessert beku ini sangat cocok disantap ketika cuaca sedang panas.

Es krim sendiri terbuat dari krim yang diaduk hingga kental, sedangkan gelato menggunakan susu sebagai bahan dasarnya dan ditandai dengan rasa yang kuat serta disajikan dalam keadaan semi beku.

Frozen custard dibuat dari susu, krim, dan gula. Bahan tambahan yang memberikan frozen custard teksturnya yang creamy adalah kuning telur yang dipastuerisasi. Sedangkan frozen yogurt adalah dessert beku yang terbuat dari yoghurt maupun produk susu lainnya, rasanya lebih asam dari es krim dan biasa disebut sebagai es krim rendah lemak.
 
Sherbet terbuat dari buah-buahan, air, gula, susu dan krim, dengan atau tanpa sari buah tambahan dan dibekukan dengan konsistensi es krim. Sedangkan sorbet mirip dengan serbat, tetapi tidak mengandung bahan susu.

3. Aneka kue

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?

Jenis dessert ini bertekstur empuk dari roti dengan rasa manis, seperti cupcake dan muffin. Cupcake adalah kue yang berukuran kecil yang dilapisi kertas. Cupcake ini memiliki tekstur yang lembut, empuk dan terasa manis. Selain variasi bentuk dan rasa, cupcake juga kaya akan variasi toping berupa krim atau cokelat.

Sedangkan muffin memiliki ciri yaitu teksturnya yang lebih padat dan basah. Muffin juga merupakan kue yang paling mudah dan paling cepat dibuat. Kamu tinggal mencampurkan semua bahan kering kemudian mencampurkannya dengan bahan basah dengan menggunakan spatula pipih.

4. Aneka biskuit

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?

Biskuit terbuat dari telur, mentega, tepung, dan pemanis juga penambah rasa. Biskuit akan melalui proses pemanasan dan pencetakan dalam pembuatannya.

Biskuit dikategorikan menjadi 4 jenis yaitu biskuit keras, crackers, cookies dan wafer.

Biskuit keras merupakan biskuit manis yang berbentuk pipih, bertekstur padat, dan dapat berkadar lemak tinggi maupun rendah. Sementara crackers merupakan jenis biskuit yang terbuat dari adonan keras melalui proses  fermentasi atau pemeraman, berbentuk pipih yang rasanya mengarah asin dan  juga relatif renyah, sedangkan tekstur dalamnya berlapis-lapis.

Cookies adalah jenis biskuit yang terbuat dari adonan lunak, berkadar lemak tinggi, relatif renyah dan penampang dalamnya bertekstur kurang padat. Terakhir, wafer adalah jenis biskuit yang dibuat dari adonan cair dan berpori-pori kasar, relatif renyah tekstur dalamnya berongga-rongga.

5. Aneka pie

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?

Kukit pie terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air yang dicetak di dasar cetakan pie lalu dipanggang. Ada juga kulit pie yang menggunakan biskuit yang dihaluskan dan dicampur dengan mentega untuk pemadatnya.

Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, custard, puding, kacang selai, dan lain-lain. Sedangkan pie yang berisi buah biasanya berupa buah yang dipotong-potong dadu ditambah gula dan air atau campuran bahan lainnya lalu dimasak, kemudian dipanggang bersamaan dengan kulit pie.

6. Cokelat dan permen

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?

Cokelat dan permen dibuat melalui tahap kristalisasi gula. Beberapa dessert yang masuk ke dalam tipe cokelat dan permen antara lain seperti karamel (gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi, sehingga menghasilkan cairan lengket berwarna cokelat.

Kemudian lolipop, praline (olahan cokelat berbagai bentuk yang diisi dengan filling beragam rasa), marshmallow (makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut), dan permen kapas.

7. Pastry

7 Jenis Sajian Dessert, Kamu Suka yang Mana?

Pastry berasal dari kata paste yang berarti campuran terigu, cairan, dan lemak yang tinggi. Dengan demikian, pastry mempunyai tekstur yang renyah dan berlipat-lipat.

Pastry terbagi menjadi tiga golongan, yaitu paste atau pastry cair yang berbentuk pasta padat, puff pastry, dan short pastry.

Contoh paste yaitu seperti kue sus dan eclair, sedangkan puff pastry terbagi menjadidanish pastry, croissant, phyllo pastry. Serta untuk short pastry seperti sweet short crust, tart, dan quiche.

Itulah jenis-jenis dessert yang kamu mungkin belum mengetahui. Jadi di antara semuanya, mana yang belum kamu coba?



dessert makanan

Loading...

Related Post