Loading...

Advertisement

Ini Alasan Pemerintah Lakukan Observasi Virus Korona Terhadap 188 WNI Eks Kapal Pesiar di Pulau Sebaru

Ini Alasan Pemerintah Lakukan Observasi Virus Korona Terhadap 188 WNI Eks Kapal Pesiar di Pulau Sebaru
ist
Editor : Potan News — Selasa, 25 Februari 2020 06:14 WIB
terasjakarta.id

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah menetapkan Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, sebagai tempat observasi Virus Corona terhadap 188 WNI eks kru Kapal Pesiar World Dream.

Lantas apa yang melatarbelakangi penetapan Pulau Sebaru sebagai area observasi serta dampak yang mungkin ditimbulkan dari kebijakan tersebut?

Secara geografis, Pulau Sebaru berada di gugus Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Ada dua Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu, yakni Sebaru Besar dan Sebaru Kecil.

Pulau tak berpenghuni itu sempat dimanfaatkan oleh otoritas terkait sebagai lokasi rehabilitasi pelaku penyalahgunaan narkotika.

Saat ini sejumlah sarana dan prasarana bagi keperluan rehabilitasi narkotika masih tersedia di kepulauan tersebut.

"Memang di sana ada bangunan. Dulu itu pulaunya digunakan untuk rehabilitasi pecandu narkoba beberapa tahun lalu," kata Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad sebagaimana dilansir Antara.

Lokasi tersebut diklaim Husein telah siap dijadikan sebagai lokasi observasi untuk WNI yang akan dievakuasi dari lautan Kepulauan Bintan.

Bangunan eks rehabilitasi bagi pecandu narkotika yang terakhir digunakan pada 2005 hingga 2006 di Sebaru saat ini diklaim masih layak digunakan sebagai tempat observasi WNI.

Observasi Virus Korona 188 WNI Eks Kapal Pesiar Pulau Sebaru

Loading...

Related Post