Loading...

Advertisement

Pie Susu sampai Pizza, 6 Makanan Praktis yang Bisa Dimasak Pakai Teflon

Pie Susu sampai Pizza, 6 Makanan Praktis yang Bisa Dimasak Pakai Teflon
Editor : Melati Top kuliner — Rabu, 18 Maret 2020 12:51 WIB
terasjakarta.id

Momen #dirumahaja kaya sekarang ini sepatutnya kamu manfaatkan untuk mengembangkan bakat memasakmu. Enggak usah yang ribet-ribet, coba saja bikin makanan yang praktis dan enak buat camilan.

Misalnya, kamu bisa membuat pie susu atau pizza berikut ini hanya dengan menggunakan teflon. Tanpa perlu oven profesional, kamu bisa menyajikan makanan enak buat santai bareng keluarga atau jadikan camilan saat sedang bekerja di rumah. Intip tipsnya di bawah ini, ya!

1. Pie susu

Ilustrasi pie susu Foto: dok.shutterstock

Rekomendasi makanan pertama yang bisa kamu buat dengan teflon adalah pie susu. Ya, cara membuat camilan legit ini sebenarnya enggak sulit, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan; seperti tepung terigu, telur, dan mentega buat kulitnya. Sementara tepung maizena, telur, gula, dan kental manis untuk flanya.

Campur masing-masing adonan, lalu masak kulitnya dulu di atas teflon kalau sudah matang tinggal isi dengan fla; masak lagi hingga fla kaku. Angkat dan potong-potong jadi, deh!

2. Serabi

Serabi solo khas Dapur Solo Ny Swan Foto: dok Nurvita Indarini/ Kumparan

Kamu suka serabi? Kalau iya, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Bermodalkan teflon, dan bahan-bahan; seperti tepung beras, tepung terigu, santan, gula pasir, daun pandan, dan aneka topping.

Tinggal dicampur terus dimasak di atas teflon. Kalau sudah matang beri topping sebagai penambah cita rasa. Mudah, kan?

3. Pizza

Pizza Italia Foto: Shutter Stock

Kamu pernah lihat seseorang masak pizza dengan teflon? Yup, pizza juga bisa dimasak hanya bermodalkan teflon. Enggak perlu oven yang besar dan ribet, cukup teflon anti lengket saja pizza dengan topping favorit kesukaanmu bisa jadi camilan buatwork from home.

Cara membuatnya, cetak serta ratakan adonan pizza (bisa bikin sendiri atau beli jadi) masak dulu hingga agak setengah matang. Kemudian beri topping, lalu tutup dan masak lagi hingga matang.

4. Pancake

Ilustrasi cheese pancake Foto: Shutterstock

Pancake bisa jadi salah satu pilihan sarapan enak buat di rumah. Varian pancake juga beragam, kalau kamu mau buat yang fluffy dan lembut salah satu tipsnya adalah tambahkan baking powder.

Dilansir The SpruceEats, menambahkan baking powder ke dalam adonan pancake dapat membuat teksturnya lebih mengembang. Saat berada di suhu panas, baking powder akan menghasilkan gas karbon dioksida, dan menciptakan gelembung-gelembung udara pada permukaan pancake yang dimasak.

5. Telur dadar ala Padang

Ilustrasi Telur Dadar Khas Padang Foto: Shutterstock/Willy Lesmana

Kalau bosan bikin omelette, cobalah buat telur dadar ala Padang yang viral ini. Berbeda dengan telur dadar yang biasa dibuat di rumah, masakan khas Padang ini terasa lebih tebal.

Ukuran tersebut yang membuatnya nikmat disantap bersama nasi putih hangat, terlebih jika diberi siraman kuah gulai serta bumbu rendang hmm, menggugah selera, bukan? Sontek resep telur dadarnya di sini!

6. Tamagoyaki

Ilustrasi tamagoyaki Foto: dok.shutterstock

Buat pencinta makanan khas Jepang, kamu bisa bikin tamagoyaki dengan teflon. Tamagoyaki adalah telur dadar dengan tekstur super lembut. Tamagoyaki juga memiliki lapisan yang lebih empuk dan padat dibandingkan telur dadar pada umumnya. Soalnya saat memasak, kamu perlu menambahkan adonan telur dan melipatnya berkali-kali hingga membentuk gulungan.

Untuk menambah variasi, kamu juga bisa masukkan poyongan sayuran atau sosis ke dalam adonan telurnya. Nikmat banget kalau dimakan sama nasi putih hangat, gurih!



pizza makanan simpel

Loading...

Related Post