Loading...

Advertisement

Ketahui Cara Virus Corona Membajak Sel Tubuh Manusia

Ketahui Cara Virus Corona Membajak Sel Tubuh Manusia
Editor : Melati News — Senin, 23 Maret 2020 14:50 WIB
terasjakarta.id

Virus corona yang dengan mudahnya menjangkit setiap manusia secara diam-diam. Meski masih ada masyarakat yang menyepelekan, tidak jarang pula yang sudah berusaha menjaga diri dengan berbagai tambahan suplemen.

Virus corona bisa saja menghinggap ke orang yang rajin berolahraga, seorang pakar medis, dokter, dan setiap insan tanpa pandang bulu.

Lalu, bagaimana kerja virus corona jika sudah masuk dalam tubuh? berikut merdeka.com telah merangkum mengenai bagaimana virus corona membajak sel tubuh Anda yang dilansir dari New York Times,

The Coronavirus SARS-CoV-2

Virus corona yang menyebabkan Covid-19 atau the coronavirus SARS-CoV-2 saat ini menyebar di seluruh dunia, menyerang di 188 negara.

Setidaknya enam jenis virus corona diketahui menginfeksi manusia, dengan beberapa menyebabkan flu biasa dan dua menyebabkan wabah: SARS dan MERS.

Meski sebenarnya ada banyak tipe virus corona yang telah mengalami mutasi pada temuan beberapa tahun sebelumnya.

Bentuk Virus Corona

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Bentuk virus corona dengan bagian luarnya ditutupi dengan paku mirip mahkota yang menonjol dari permukaan. Virus ini diselimuti gelembung molekul lipid berminyak, yang hancur saat bersentuhan dengan sabun.

Memasuki Bagian Tubuh Manusia yang Rentan

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Virus corona atau Covid-19 memasuki tubuh melalui hidung, mulut atau mata. Kemudian menempel pada sel-sel di saluran napas, lalu menghasilkan protein yang disebut ACE2.

Virus ini diyakini berasal dari kelelawar, di mana ia mungkin menempel pada protein serupa.

Virus Corona Melepaskan RNA Viral

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Virus menginfeksi sel dengan memadukan membran berminyaknya dengan membran sel di dalam tubuh manusia. Begitu masuk, virus corona melepaskan potongan materi genetik yang disebut RNA.

Virus Corona Membajak Sel Tubuh

Genom virus kurang dari 30.000 "huruf" genetik, ada yang lebih dari 3 miliar. Sel yang terinfeksi membaca RNA dan mulai membuat protein yang akan menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu menyusun salinan baru virus.

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Antibiotik membunuh bakteri dan tidak bekerja melawan virus. Hingga saat ini para peneliti sedang menguji obat antivirus yang dapat mengganggu protein virus dan menghentikan infeksi.

Meski ada avigan dan chloroquine, jenis obat flu yang sudah lama ada ini dipercaya mampu bekerja efektif bagi pasien Covid-19.

Membuat Protein Virus

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Setelah melalui proses membajak sel, infeksi berlanjut. Mesin sel mulai menghasilkan lonjakan baru dan protein lain yang akan membentuk lebih banyak salinan dari virus corona.

Virus Corona Merakit Salinan Baru

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Salinan baru virus dikumpulkan dan dibawa ke tepi luar sel.

Virus Corona Menyebarkan Infeksi

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Setiap sel yang terinfeksi bisa melepaskan jutaan salinan virus sebelum sel tubuh akhirnya rusak dan mati. Virus corona dapat menginfeksi sel-sel di dekatnya, atau berakhir di tetesan yang keluar dari paru-paru.

Imun Tubuh Merespon

Sebagian besar infeksi Covid-19 menyebabkan demam ketika sistem kekebalan tubuh berjuang untuk membersihkan virus. Dalam kasus yang gejalanya parah, sistem kekebalan tubuh dapat bereaksi berlebihan dan mulai menyerang sel-sel paru-paru.

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Paru-paru menjadi tidak bekerja optimal oleh cairan dan sel-sel yang sekarat, membuatnya sulit bernapas. Sejumlah kecil infeksi bisa menyebabkan sindrom gangguan pernapasan akut, dan mungkin kematian.

Mulai Menularkan ke Orang Lain

Batuk dan bersin dapat mengeluarkan tetesan yang sarat virus ke orang dan permukaan terdekat, tempat virus corona bisa tetap menular selama beberapa jam hingga beberapa hari.

CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) merekomendasikan bahwa orang yang didiagnosis dengan Covid-19 memakai masker untuk mengurangi pelepasan virus. Petugas kesehatan dan orang lain yang merawat orang terinfeksi harus memakai masker juga.

Vaksin Virus Corona

NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Vaksin masa depan dapat membantu tubuh memproduksi antibodi yang menargetkan virus corona atau SARS-CoV-2, dan mencegahnya menginfeksi sel manusia.

Vaksin flu bekerja dengan cara yang sama, tetapi antibodi yang dihasilkan dari vaksin flu yang ada saat ini tidak melindungi terhadap virus corona.

Sistem Kerja Sabun Terhadap Virus Corona

ilustrasi virus corona terpapar sabun, NYTimes.com 2020 Merdeka.com

Sabun menghancurkan virus corona ketika molekul-molekul sabun bersama siraman air akan mengikat diri ke dalam membran lipid dan membuka virusnya terpisah.

Cara terbaik untuk menghindari terinfeksi virus corona adalah mencuci tangan dengan sabun, hindari menyentuh wajah, menjaga jarak dari orang sakit, dan secara teratur membersihkan permukaan yang sering digunakan, atau terkena cairan saat bersin dan batuk.



corona virus indonesia

Loading...

Related Post