Loading...

Advertisement

Rekomendasi Bahan Pembuatan Disinfektan Cegah Corona

Rekomendasi Bahan Pembuatan Disinfektan Cegah Corona
Editor : Melati News — Kamis, 26 Maret 2020 05:55 WIB
terasjakarta.id

Saat pandemi virus Corona atau Covid-19, disinfektan sangat berperan penting untuk membantu membersihkan beragam peralatan. Sekarang ini membuat cairan pelindung tersebut tidaklah sulit karena bahan antibakteri yang dibutuhkan juga mudah ditemukan. 

Dilansir dari laman Real Simple dan Times of India, Tagar akan membeberkan lima bahan yang bisa digunakan untuk membuat disinfektan.

1. Lemon

Lemon

Lemon. (Foto: Pixabay/stevepb)

Lemon menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat disinfektan. Kandungan asam sitrat yang dimiliki buah tersebut dapat membantu mengatasi noda alkali, seperti buih sabun di dapur dan kamar mandi.

Buah citrus ini juga berguna untuk membersihkan permukaan yang tidak memiliki pori dan memurnikan logam yang teroksidasi. Bahkan, lemon memiliki khasiat lain yaitu, mampu mengurangi bakteri pada permukaan yang keras.

2. Cuka Putih

Ilustrasi

Ilustrasi Cuka Putih. (Foto: womenshealthmag.com/BELCHONOCK/GETTY IMAGES)

Cuka putih menjadi antibakteri yang bisa digunakan sebagai disinfektan. Bahan ini tentu sangat mudah didapatkan.

Kandungan asam asetat dan air yang ada dalam cuka putih, mampu menghilangkan bakteri pada permukaan barang. Walau memang tidak seefektif disinfektan asli, setidaknya cairan ini cukup ampuh.

3. Minyak Esensial

Ilustrasi

Ilustrasi Minyak Esensial. (Foto: nutraingredients-usa.com/Getty Images)

Minyak esensial bisa dijadikan sebagai disinfektan alami dengan aroma yang wangi. Beragam jenis minyak esensial, seperti serai, jeruk, nilam, geranium, dan pohon teh bisa menjadi pilihan untuk membuat disinfektan tersebut. 

Minyak esensial yang dicampur dengan vodka juga bisa dipakai untuk membersihkan bau apek di rumah. 

4. Vodka

Ilustrasi

Ilustrasi Vodka. (Foto: vinepair.com)

Vodka juga menjadi salah satu bahan alternatif untuk dijadikan disinfektan. Kandungan alkohol pada vodka biasanya sekitar 40 sampai 60 persen yang berperan aktif dalam membuat cairan pelindung tersebut.

Caranya, hanya perlu meletakkan vodka pada barang yang ingin dibersihkan. Kemudian tinggalkan sejenak sebelum akhirnya dilap, dan tidak disangka bakteri akan hilang.

5. Hidrogen Peroksida

Ilustrasi

Ilustrasi Hidrogen Peroksida. (Foto: bccourier.com)

Hidrogen peroksida bisa dijadikan desinfektan alami. Bahan ini ampuh membunuh jamur dan bakteri, serta menghilangkan noda pada pakaian.

Sebelum mencuci baju usai dikenakan keluar rumah, tak ada salahnya untuk mencoba mencampurkan hidrogen peroksida dengan sabun cuci untuk menghilangkan bakteri. 

Manfaat lain dari hidrogen peroksida ternyata mampu membantu menutup luka dan membunuh bakteri dengan menghancurkan dinding sel.



corona virus indonesia

Loading...

Related Post