Loading...

Advertisement

Manfaat Konsumsi Bubur Kacang Hijau, Menurunkan Kolestrol hingga Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Konsumsi Bubur Kacang Hijau, Menurunkan Kolestrol hingga Menjaga Kesehatan Jantung
Editor : Melati Top kuliner — Senin, 4 Mei 2020 14:04 WIB
terasjakarta.id

Bubur kacang hijau adalah makanan yang akrab dikonsumsi masyarakat Indonesia. Apalagi selama bulan puasa ini, tentu bubur kacang hijau sangat sempurna disantap sebagai menu berbuka puasa.

Mengandalkan bahan utama kacang hijau, bubur ini juga sangat mudah dikreasikan dengan bahan-bahan lainnya sehingga membuat rsanya semakin nikmat. Di balik kesederhanaan menu bubur kacang hijau, ternyata banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rajin mengonsumsinya.

Halodoc mengungkapkan jika para pakar gizi mengatakan jika kacang hijau sangat baik bagi kesehatan saraf otk, jantung, jaringan sel darah, mata, dan organ tubuh lainnya. Hal ini berkat kandungan gizi dan nutrisi pada kacang hijau. 

Kacang hijau memiliki serat, asam folat, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karotenoid, zeaxanthin, protein, potasium, phosphorus, magnesium, zinc, selenium, dan beragam kandungan lainnya.

Simak manfaat yang diberikan oleh bubur kacang hijau bagi tubuh, berikut ini.

Manfaat konsumsi bubur kacang hijau

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Amallia Eka

 

1. Menurunkan kolesterol darah

Bubur kacang hijau mengandung omega 3, omega 6, zat besi, dan terbukti bermanfaat untuk mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan rajin mengonsumsinya, maka peredaran darah akan lebih stabil dan baik untuk jantung.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, dan magnesium di dalam bubur kacang hijau, berguna untuk kinerja pembuluh darah, yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Manfaat konsumsi bubur kacang hijau

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Ariyani Tedjo

3. Menjaga kesehatan mata

Bubur kacang hijau sangat baik untuk kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan karotenoid di dalamnya yang berguna untuk mencegah penurunan kemampuan mata dan juga bermanfaat untuk mencegah stres pada saraf dan otot internal mata.

Selain tiga manfaat di atas, tentu ada banyak kebaikan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari semangkuk bubur kacang hijau.



makanan kesehatan

Loading...

Related Post