Loading...

Advertisement

Jangan Gara-gara Covid-19 Lupa Imunisasi Anak 

Jangan Gara-gara Covid-19 Lupa Imunisasi Anak 
ist
Editor : Potan News — Kamis, 14 Mei 2020 08:10 WIB
terasjakarta.id


Sejumlah ibu-ibu sambil menggendong bayinya saat akan dilakukan imunisasi di Puskesmas Karawaci Baru, Kota Tangerang. Dengan menggunakan masker dan menerapkan physical distancing para ibu-ibu mengantre untuk mendapatkan imunisasi. 

Dr Fauzanah, Dokter umum di Puskesmas Karawaci Baru mengatakan imunisasi ini merupakan imunisasi yang untuk pertama kali dilakukan di saat pandemi corona. Dan diikuti sedikitnya 20 bayi  penerima imunisasi.

"Kunjungan imunisasi adalah kunjungan sehat dan setiap anak berhak mendapatkan imunisasi. Kemarin selama 3 bulan kita tidak mengadakan imunisasi karena Covid-19, tapi tidak mungkin juga anak-anak tidak dilakukan imunisasi, akhirnya kita inisiatif adakan imunisasi diluar jam pelayanan pasien pada umumnya,"ujarnya kepada Pos Kota saat ditemui di Puskesmas Karawaci Baru, Rabu (13/5/2020).

Untuk menghindari keramaian, lanjut Fauzanah, imunisasi dibagi per kelurahan dengan memberikan info kepada kader kesehatan. Dan dengan menambah petugas sehingga para keluarga tidak lama berada di Puskesmas.

"Biasanya sebelum Covid ada enam kelurahan kita gabung untuk imunisasi, tapi saat pandemi begini untuk menghindari keramaian akhirnya kita bagi perkelurahan, dan kita laksanakan seminggu dua kali. Kepada keluarga penerima imunisasi juga kami sarankan langsung pulang setelah mendapatkan imunusasi, karena kita tidak tahu virus itu ya. kalau untuk dokter dan perawat tidak ada kesiapan khusus, paling cuma APD dan Face Sheild yang biasa kita gunakan saat di pelayanan umum pada pasa corona ini," tambahnya.

Yuma (30) orangtua dari bayi penerima imunisasi mengaku tidak terlalu khawatir dengan melakukan imunisasi dimasa pandemi begini.

"Kalau tidak imunisasi sekarang takutnya nanti malah ngulang dari awal lagi, kasihan juga anaknya. Dan kalau sekarang mah yang penting habis imunisasi lagsung pulang aja, pokoknya bismillah aja dah," ujarnya. 

Covid-19 Lupa Imunisasi Anak 

Loading...

Related Post