Loading...

Advertisement

7 Tips Agar Tubuh Lebih Berenergi & Segar Saat Bangun Tidur

7 Tips Agar Tubuh Lebih Berenergi & Segar Saat Bangun Tidur
Editor : Melati Wow — Kamis, 18 Juni 2020 09:23 WIB
terasjakarta.id

Angkat tangan kalian, jika sering kali saat bangun tidur pagi badanmu justru merasa lebih lelah dan tidak bertenaga? Padahal kamu merasa sudah tidur yang cukup hingga 8 jam atau lebih. Beberapa kebiasaanmu ternyata berpengaruh lho pada masalah satu ini. 

Jadi untuk mendapatkan tubuh yang lebih berenergi dan segar saat bangun tidur, yuk simak 7 tips berikut ini: 

1. Usahakan Tidur Malam yang Berkualitas

Ingat girls, yang terpenting adalah tidur yang berkualitas bukan sekadar kuantitas semata. Tidur malam yang terlalu lama di atas 8 jam pun, justru akan membuat kamu mengalami hypersomnia. Salah satu efek darihypersomnia sendiri adalah kamu merasa selalu mengantuk dan lelah di pagi harinya. Jadi yang terpenting adalah mendapatkan tidur malam yang berkualitas dan lelap. Ingin mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas? Baca artikel Cosmo berikut ini ya!

2. Segera Bangun dari Tempat Tidur

Well.. well.. well.. kebiasaan melihat update-an terbaru di media sosial dan email saat baru bangun tidur memang menyenangkan. Tapi terlalu lama berada di atas ranjang setelah bangun tidur, justru berpotensi membuat kamu kembali merasa mengantuk dan malas. Jadi agar bangun pagimu lebih berenergi dan segar, usahakan beri jeda 5 menit setelah bangun dan segeralah keluar dari ranjangmu untuk mulai beraktivitas. Hindari juga menekan tombol snooze pada alarm kamu karena justru ini membuat kamu kembali mengantuk dan tidur lebih lelap saat menanti alarm selanjutnya. Oh no!

3. Buka Jendela dan Dapatkan Cahaya Matahari Alami

FYI, hormon melatonin yang berfungsi mengatur rasa lelah dalam tubuh ternyata juga dipengaruhi oleh cahaya. Tubuh yang terpapar lebih banyak cahaya membuat kadar melatonin di dalamnya berkurang, which is good karena rasa lelah pun akan ikut menurun. Itu mengapa saat bangun pagi ada baiknya kamu segera menyalakan lampu dan membuka jendela demi mendapat cahaya matahari alami. Dengan begitu hormon melatonin akan berkurang untuk 'diproduksi' dan kamu bisa menjadi lebih segar di pagi hari.

4. Cuci Muka dengan Air Dingin

Mencuci muka menggunakan air dingin efektif membuat kamu merasa segar dan segala rasa kantukmu bisa hilang. Selain itu mencuci muka dengan air dingin juga dapat meningkatkan sejumlah hormon yang membuat kerja jantung lebih cepat sehingga kamu bisa juga akan merasa berenergi. Sisi positifnya lagi, mencuci muka menggunakan air dingin bisa mengencangkan pori-porilho!Win-win solutions, right?

5. Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun

Minum air putih juga akan membantumu merasa lebih segar di pagi hari. Cairan tubuh yang berkurang saat tidur akan terisi kembali setelah kamu minum air putih dan ini akan membuat kamu merasa lebih awake untuk memulai aktivitas. You go girl!

6. Jangan Lewatkan Sarapanmu

Selain air putih, untuk mendapatkan tubuh yang lebih berenergi di pagi hari, kamu tentu harus menyiapkan 'amunisi' berupa sarapan. Penting untuk tidak men-skip sarapan sebab sarapan membantu menutrisi tubuhmu setelah puasa saat tidur malam. Usahakan untuk memilih menu sarapan yang tepat dan bernutrisi seperti misalnyasmoothies bowl, chia seeds pudding, atauovernight oat agar tubuhmu juga bisa lebih sehat.

7. Cobalah Melakukan Morning Workout

Sejumlah aktivitasmorning workout seperti yoga, lari pagi, berjalan kaki, pilates, atau zumba class via Youtube mampu meningkatkan kadar oksigen di dalam otak. Kabar baiknya, hal ini bisa menurunkan rasa lelah dan membuatmu lebih besemangat. Tubuh yang bergerak karena olahraga pun menghasilkan hormon endorfin yang menjadi salah satu kunci mood kamu merasa gembira.



tubuh berenergi

Loading...

Related Post