Loading...

Advertisement

Tidak Penuhi Persyaratan Kesehatan, 6.558 Penumpang KA Jarak Jauh Ditolak Lanjutkan Keberangkatan

Tidak Penuhi Persyaratan Kesehatan, 6.558 Penumpang KA Jarak Jauh Ditolak Lanjutkan Keberangkatan
ist
Editor : Potan Biz Up — Rabu, 24 Juni 2020 08:28 WIB
terasjakarta.id


PT Kereta Api Indonesia ( PT KAI Persero) pada masa new normal akan terus secara ketat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di moda transportasi kereta api. Tujuannya agar masyarakat dapat bepergian menggunakan kereta api dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai di tujuan. 

Tercatat hingga 22 Juni terdapat sebanyak 29.560 penumpang yang diberangkatkan atau naik 49 persen dibandingkan 12 Juni yaitu 19.884 penumpang.

 “Kenaikan volume penumpang ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat dari hari ke hari terkait layanan KAI di masa New Normal,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Selasa (23/6).

Hingga 22 Juni, terdapat 6.558 penumpang KA Jarak Jauh dan Lokal yang ditolak untuk melanjutkan keberangkatan karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah melalui SE Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020 dan SE DJKA No 14 Tahun 2020.

“Hal ini menunjukkan, bahwa KAI melaksanakan verifikasi persyaratan secara ketat sebelum mengizinkan penumpang untuk naik kereta api,” jelas Joni.

Dikatakan, pada masa New Normal, loket stasiun hanya melayani pembelian tiket go show atau 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Layanan reservasi tiket dilakukan secara online mulai H-7 keberangkatan salah satunya melalui aplikasi KAI Access.

Selain bisa memesan tiket jauh-jauh hari, KAI Access juga memiliki fitur e-boarding pass yang membuat penumpang  tidak perlu mencetak boarding pass melalui mesin Check In Counter di stasiun. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi sentuhan dengan fasilitas stasiun.

"Fitur unggulan lain KAI Access adalah cancelation dan reschedule online. Melalui fitur ini, penumpang yang ingin membatalkan perjalanan atau mengubah jadwalnya tidak perlu lagi mendatangi loket atau customer service di stasiun," ujarnya. 

“Berbagai inovasi yang dihadirkan, bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan layanan KAI sehingga tetap dapat menjaga physical distancing di tengah pandemi Covid-19,” ucap Joni. 


Berikut rincian Volume Penumpang KA Reguler:

 KA Jarak Jauh dari 1.157pada 12 Juni 2020 naik 262 persen menjadi 4.188 pada 22 Juni 2020. Kemudian KA Lokal dari 18.727 menjadi 25.372 mengalani kenaikan 35 persen. Total jumlah penumpang dari 19.884 orang menjadi 29.560 secara secara keseluruhan naik 49 persen.

 

Persyaratan Kesehatan  6.558 Penumpang KA Keberangkatan

Loading...

Related Post