Loading...

Advertisement

Warga Ciamis Berhasil Tangkap Macan Tutul di Kaki Gunung Sawal

Warga Ciamis Berhasil Tangkap Macan Tutul di Kaki Gunung Sawal
ist
Editor : Potan Wow — Jumat, 26 Juni 2020 09:40 WIB
terasjakarta.id

Sejumlah warga memerangkap macan tutul (Panthera pardus) di kaki Gunung Sawal, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis 25 Juni 2020. Macan itu dilaporkan telah dipindah ke kandang besi milik warga setempat.

Kader Konservasi Kabupaten Ciamis, Ilham Purwa, mengatakan macan tutul itu memang memiliki habitat di hutan Gunung Sawal. "Kami pasti amankan agar warga tenang dan satwa selamat," ujar Ilham ditup tempoco, Kamis. 

Ilham menuturkan, macan tutul itu ditangkap pada Kamis pagi setelah diketahui masuk perangkap yang sengaja dipasang. Menurut Ilham, warga sebenarnya sudah lama mengincar kucing besar itu karena selama ini telah banyak memangsa ternak. 

Ilham mengaku kalau petugas konservasi di lapangan sudah melaporkan adanya penangkapan macan tutul itu. Mereka selanjutnya menunggu tim medis untuk memeriksa kondisi hewan buas tersebut.

Selain itu, petugas di lapangan melakukan penjagaan dan menganalisis masalah sosial terkait konflik masyarakat dengan macan tutul di kawasan kaki Gunung Sawal itu. "Konflik macan tutul dan warga harus bisa dihindari," katanya.

Ciamis Macan Tutul Gunung Sawal

Loading...

Related Post