Loading...

Advertisement

Viral, Barista Ngotot Tolak Layani Pelanggan Tak Bermasker, Dapat Tips Rp 270 Juta

Viral, Barista Ngotot Tolak Layani Pelanggan Tak Bermasker, Dapat Tips Rp 270 Juta
Editor : Melati News — Sabtu, 27 Juni 2020 11:29 WIB
terasjakarta.id

Seorang barista Starbucks di San Diego, Amerika Serikat, tengah mencuri perhatian dan mendapatkan banyak dukungan dari publik dunia. Ribuan orang juga telah memberinya tips hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Hal ini dipicu sebuah video yang menampilkan ia berkonfrontasi dengan seorang pelanggan beberapa hari yang lalu.

Pelanggan bernama Amber Lynn Gilles itu geram pada sang barista yang enggan melayaninya karena ia tidak mengenakan masker. Ia kemudian mengambil foto sang barista dan mengunggahnya di lama Facebooknya.

"Kenalkan, ini Lenin dari Starbucks yang menolak untuk melayani saya karena saya tidak memakai masker. Lain kali saya akan panggil polisi dan bawa surat keterangan medis," tulisnya di Facebook.

Namun ternyata respon yang didapat dari warganet tidak sesuai yang diharapkan dan justru menjadi bumerang baginya. Gilles dihujani kritik dari warganet yang menilai ia hanya melakukan pekerjaannya. 

“Mereka hanya mengikuti apa yang diperintahkan. Saya mengerti frustrasimu, tapi kalau kamu tidak setuju, kamu komplain ke pihak yang salah," komentar seorang warganet sambil menyarankan untuk lain kali membeli kopi melalui drive-thru jika enggan mengenakan masker.

Warganet lainnya bernama Matt Cowan justru mengapresiasi tindakan Lenin dan membuat penggalangan dana sebagai bentuk tips. Dua hari yang lalu, target yang dipasang adalah US$ 1.000, namun dukungan publik dari seluruh dunia terus berdatangan.

Hingga sore ini (25/6), tips dari ribuan donatur yang terkumpul telah mencapai US$ 19 ribu atau setara sekitar Rp 270 juta. Baik Cowan maupun Lenin pun terkejut dengan banyaknya dukungan yang diberikan oleh masyarakat.

Source: Gofundme

"Awalnya menetapkan target sebesar seribu dollar dengan pemikiran pencapaian itu sangat sulit, dan kami akan beruntung jika dapat mengumpulkan US$ 250. Tapi tidak lama, donasi mencapai US$ 100 dan saya mulai kewalahan," kata Cowan. "Hal ini menunjukkan bahwa masih ada banyak orang baik yang peduli di luar sana, dan itu melebihi yang jumlah orang yang buruk."

Kemarin, Lenin mengunggah fotonya memegang papan bertuliskan "Terima kasih untuk tipsnya!" sambil mengenakan masker. 

Source: Gofundme

“Kami ingin semua orang merasa diterima di toko kami. Kami dengan hormat meminta pelanggan mengikuti protokol sosial dan keselamatan jarak yang direkomendasikan oleh pejabat kesehatan masyarakat, termasuk mengenakan masker wajah ketika mengunjungi toko kami," ujar seorang representatif Starbucks menanggapi kejadian tersebut.

Sejak 19 Juni, pemerintah San Diego mewajibkan semua orang berusia di atas dua tahun untuk memakai masker ketika berada di ruang publik sebagai langkah pencegahan Covid-19. Sejak awal Mei, Starbucks secara global juga telah mewajibkan semua pelanggannya untuk mengenakan masker dan menjaga jarak selama berada di toko.



viral barista

Loading...

Related Post