Loading...

Advertisement

Ilmuwan Temukan Virus Baru dari Babi

Ilmuwan Temukan Virus Baru dari Babi
Editor : Melati News — Rabu, 1 Juli 2020 09:33 WIB
terasjakarta.id

Kabar tak sedap datang lagi dari negeri tirai bambu, Tiongkok. Bagaimana tidak, dikala pandemi virus Covid-19 aka corona belum juga usai, kini para ilmuwan di Tiongkok kaget dengan ditemukannya jenis virus baru yang diduga berpotensi memicu pandem global layaknya corona.

Dilansir CNBC, Selasa (30/6/20), virus yang diidentifikasi berasal dari babi tersebut menurut laporannya, virus tersebut secara genetik merupakan turunan dari flu babi A/ H1N1pdm09 yang sempat menjadi pandemi pada 2009 silam.

Virus yang kemudian dilabeli G4 EAA H1N1 ini pertama kali terbongkar ketika para peneliti mengambil sampel usap hidung babi dari berbagai rumah jagal dan rumah sakit hewan yang terletak di 10 provinsi di Tiongkok. Hal mengejutkan dari pengambilan sampel ini adalah, ada dugaan virus ini mengalami mutasi, sehingga virus ini dapat tumbuh dan berkembang biak di sel-sel yang melapisi saluran udara manusia. Lebih lanjut menurut salah seorang ilmuwan Tiongkok mengatakan jika virus ini memiliki semua ciri penting yang dapat menginfeksi manusia.

Ditelisik lebih jauh, virus G4 ini diamati sangat menular dan begitu cepat untuk mereplikasi diri di dalam sel manusia, parahnya lagi dari penelitian itu pula disebutkan jika kekebalan tubuh manusia jaman sekarang diduga tidak begitu kuat untuk memberikan perlindungan dari paparan virus terbaru tersebut.

Sangat mengkhawatirkan bahwa infeksi virus G4 pada manusia akan meningkatkan adaptasi manusia dan meningkatkan risiko pandemi pada manusia, ungkap catatan para peneliti.

Saat ini kita sedang teralihkan dengan coronavirus dan memang begitu. Tetapi kita tidak boleh melupakan virus baru yang berpotensi berbahaya, ujar Prof Kin-Chow Chang, yang bekerja di Universitas Nottingham di Inggris, kepada BBC International.



babi virus

Loading...

Related Post