Loading...

Advertisement

Kemenkes Gencarkan Strategi One Health Antisipasi Flu Babi

Kemenkes Gencarkan Strategi One Health Antisipasi Flu Babi
Editor : Melati News — Selasa, 7 Juli 2020 09:51 WIB
terasjakarta.id

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan akan mengkaji secara seksama temuan virus flu babi jenis baru di Tiongkok. Para peneliti di Tiongkok mengatakan virus tersebut berpotensi memicu pandemi di masa mendatang.

Menanggapi hal itu, Kementerian Kesehatan mengaku telah mengantisipasi ancaman pandemi zoonosis baru dengan melakukan strategi one health.

"Terkait itu, kita sudah punya strategi yang kita sebut one health," Direktur Pencegahan dan Pengendalian penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Siti Nadia Tarmizi 

Adapun, one health merupakan upaya kolaboratif dari berbagai sektor, utamanya kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Nadia menyatakan, dalam hal ini, Kemenkes bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Nadia menyatakan secara konkret pihaknya gencar melakukan surveilans, khususnya di peternakan babi untuk mengantisipasi adanya potensi penyebaran virus baru.

"Untuk kewaspadaan, kita tetap membangun survaeilans di hewan ternak karena ternak tidak lepas dari ancaman penyakit zoonosis. Kita lihat ternak babi berdasarkan pengawasan dari Kementan," tandasnya. 



kemenkes flu babi

Loading...

Related Post