Loading...

Advertisement

Ramai Konten Makan Makanan Super Pedas di YouTube, Ini Bahayanya Menurut Dokter

Ramai Konten Makan Makanan Super Pedas di YouTube, Ini Bahayanya Menurut Dokter
Editor : Melati Wow — Senin, 27 Juli 2020 17:11 WIB
terasjakarta.id

Seperti bisa kita lihat sendiri, beberapa waktu belakangan beberapa food vlogger tanah air saling berlomba-lomba untuk membuat konten makan makanan pedas di kanal YouTube mereka.

Bukan sebuah rahasia lagi, hal itu sengaja mereka lakukan untuk menarik perhatian dari viewers sekaligus menuruti permintaan subscribers mereka.

Padahal, pilihan para food vlogger untuk membuat konten tersebut dapat membahayakan kesehatan mereka sendiri, khususnya bagi sistem pencernaan.

Chairman Junior Doctors Network Indonesia yang sekaligus dokter spesialis penyakit dalam, dr Andi Khoemeini, SpPD, mengatakan, memakan banyak cabai sekali makan bukan cara yang baik untuk mengonsumsi makanan pedas.

"Kalau berlebihan juga tidak bagus, terutama kalau yang konsumsi memiliki riwayat pendarahan lambung atau iritasi lambung. Jadi, ya kita sebaiknya memperhatikan itu saja, karena kadar pedas tiap orang berbeda-beda," ujar Andi, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Andi menambahkan, iritasi lambung karena konsumsi cabai berlebihan juga dapat menimbulkan efekjangka panjang terhadap tubuh.

Ketika tubuh tidak cocok dengan konsumsi cabai berlebihan, umumnya akan menimbulkan iritasi lambung, yangbiasanya ditandai dengan sakit perut, nyeri ulu hati, diare, dan gejala lainnya.

Menyehatkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup

Meskipun begitu, Andi mengaku bahwa konsumsi cabai bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, asal jika dikonsumsi seara nggak berlebihan.

"Kalau dalam jumlah yang dibatasin itu sebenarnya vitaminnya banyak, dan ada korelasi bahwa cabai menurunkan risiko serangan jantung dan stroke," jelas Andi.

Untuk batasnya sendiri, menurut Andi jumlah cabai yang aman dikonsumsi dan baik bagi tubuh berkisar antara 5 hingga 10 sajasetiap harinya.

Tuh dengerin sob! Inget, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, jadi mulai sekarang makan cabai dengan jumlah yang wajar-wajar aja ya.



bahaya makanan

Loading...

Related Post