Loading...

Advertisement

Begini Syarat dan Ketentuan Sembelih Hewan Kurban di Jakarta 

Begini Syarat dan Ketentuan Sembelih Hewan Kurban di Jakarta 
ilustrasi (ist)
Editor : Potan News — Senin, 27 Juli 2020 18:18 WIB
terasjakarta.id

Hari Raya Idul Adha tahun ini dipastikan bakal berbeda di Jakarta, terutama dalam soal kebiasaan masyarakat melakukan pemotongan hewan kurban. Sebab, Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan aturan baru, bahwa yang ada di lokasi pemotongan hewan kurban cukup disaksikan oleh panitia kurban saja.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan  hiimbauan kepada masyarakat agar pemotongan hewan kurban bukan saja mengikuti syariat Islam, tapi juga harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ada beberapa pesan Gubernur Anies terkait pemotongan hewan qurban di tengah pandemi corona. Pertama, pemotongan hewan hanya dihadiri oleh panitia qurban yang jumlahnya dibatasi. Hal itu lakukan untuk menghindari adanya kerumunan apalagi kepadatan orang.

“Sebisa mungkin jangan sampai ada kerumunan apalagi padat, apalagi tidak jaga jarak. Jadi harus jaga jarak, harus kurangi jumlah orang yang berada di lokasi,” kata Anies melalui Youtube resmi Pemprov DKI, Senin (27/7/2020).

Kedua masyarakat yang membeli hewan kurban pada Lebaran Idul Adha 1441 Hijriah ini supaya tidak menghadiri langsung ke lokasi prosesi pemotongan.

“Kita percayakan kepada panitia untuk melakukan pemotongan hewan kurban sampai pendistribusian hewan kurbannya atau daging kurbannya. Insya Allah mereka bisa amanah,” pesan Anies.

Kemudian jaga masyarakat untuk tidak hadir saat pemotongan yang memiliki resiko tinggi penularan antara lain anak-anak di bawah usia 9 tahun dan orang tua atau lansia yang mempunyai penyakit bawaan.

“Mari saling mengingatkan sehingga tidak meluas dan wabah dan tidak membuat orang-orang berisiko terpapar,” papar Anies.

Terakhir, secara khusus Anies meminta kepada para panitia penyelenggara Idul Adha agar daging kurban dapat disalurkan secara langsung kepada orang-orang yang berhak menerima daging kurban atau mustahik.

“Kami juga mengajak kepada umat Islam di Jakarta khususnya untuk memanfaatkan teknologi digital di dalam kegiatan jual beli hewan qurban,” pungkasnya.

Syarat dan Ketentuan Sembelih Hewan Kurban Jakarta 

Loading...

Related Post