Loading...

Advertisement

DKI: Salat Idul Adha Berjemaah Dilarang di Zona Merah

DKI: Salat Idul Adha Berjemaah Dilarang di Zona Merah
Editor : Melati News — Selasa, 28 Juli 2020 10:44 WIB
terasjakarta.id

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melarang pelaksanaan Salat Idul Adha berjemaah di wilayah atau berzona merah. Pasalnya, penularan kasus covid-19 di Jakarta masih tinggi, mencapai 19.473 kasus.

"Untuk masyarakat yang berada di zona merah diiimbau untuk Salat Id di rumah bersama dengan keluarganya masing-masing. Hal itu guna membantu mencegah penyebaran covid-19," ungkap Kepala Biro Pendidikan, Mental dan Spritual Provinsi DKI Jakarta Hendra Hidayat, Jakarta, Selasa (28/7).

Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli mendatang dirayakan di tengah pandemi covid-19 dan harus mengikuti ketentuan protokol kesehatan.

Hendra mengatakan bagi warga yang ingin lakukan Salad Idul Adha diminta mematuhi protokol dengan menjaga jarak. Bersalaman juga diimbau untuk tidak lakukan usai Salat Idul Adha untuk mencegah kontak langsung dengan orang lain.

"Yang penting protokol kesehatan ketat dilakukan. Jadi, benar-benar diperhatikan. Jangan sampai kemudian mereka tidak melakukan physical distancing atau berkerumun atau habis salat salam-salaman," tukas Hendra.

Diketahui, Kementerian Agama juga mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban. Hal ini menyesuaikan dengan tatanan kebiasaan baru mengingat Hari Raya Idul Adha tahun ini dalam situasi pandemi covid-19.

Baca juga:   Pengelola masjid diminta membatasi jumlah pintu keluar-masuk tempat pelaksanaan guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan. Pengelola masjid juga harus menyediakan hand sanitizer.

Selain itu, harus dilakukan pengecekan suhu tubuh. Jika ada jemaah memiliki suhu 37,5 derajat Celsius dilarang memasuki area pelaksanaan.

Masjid juga menerapkan pembatasan jarak, minimal 1 meter, dengan memberi tanda khusus. Bahkan masjid diimbau untuk mempersingkat pelaksanaan salat dan kutbah Idul Adha tanpa mengurangi syarat dan rukunnya dan lainnya. 



sholat idul adha

Loading...

Related Post