Loading...

Advertisement

Hadapi Virus Corona, ini Cerita Gubernur Anies Tentang Sosok Wali Kota Seoul 

Hadapi Virus Corona, ini Cerita Gubernur Anies Tentang Sosok Wali Kota Seoul 
ist
Editor : Potan News — Kamis, 13 Agustus 2020 11:56 WIB
terasjakarta.id

Gubernur Anies Baswedan mengatakan tingginya angka kasus seiring dengan peningkatan testing yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI. Saat ini Jakarta masih sebagai bagian utama penyebaran virus corona

Melalui akun instagram @aniesbaswedan, ia menceritakan saat virus Corona mulai merebak di Jakarta, Pemprov kesulitan mendapat alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Anies bahkan mengirim surat ke 8 kota mancanegara untuk meminjam alat tes PCR sebagai upaya meningkatan jumlah testing.

"Dalam surat disampaikan bahwa Jakarta berencana meminjam alat RT-PCR selama masa pandemi ini saja. Setelah wabah selesai, maka alat itu akan dikembalikan. Semua merespons cepat. Mayoritas menjawab bahwa mereka juga sedang mengalami masalah yang sama," ujar Anies dikutip pada instagram @aniesbaswedan, Kamis, (13/8/2020).

"Memang tidak ada satu pun kota di belahan dunia manapun yang siap menghadapi pandemi ini," tambahnya.

Di kondisi serba sulit, Anies menyinggung mantan Wali Kota Seoul, Park Woon Soon. Ia menyebut, Park merespons positif surat permintaan Anies untuk meminjam alat tes RT-PCR. Katanya, ketimbang meminjamkan alat, Seoul bersedia menghibahkan alat tersebut.

"Mayor Park mengirim pesan bahwa lebih mudah untuk menghibahkan RT-PCR daripada meminjamkan. Jadi alat milik mereka yang masih baru itu dihibahkan untuk DKI Jakarta."

Alat tes PCR kemudian tiba di Jakarta dan diantarkan langsung ke Balai Kota oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia. Disebutkan bahwa alat tersebut mampu memproses 900 sample per hari.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian menitipkan sepucuk surat dan selembar kain batik Betawi untuk Park. Surat itu telah sampai pada Mayor Park, namun batik Betawi belum sempat dipakai karena Park ditemukan wafat tiga minggu kemudian.

"Seorang Wali Kota yang berjasa dalam membantu Jakarta itu telah berpulang, tetapi budi baik dan persahabatannya kita rasakan hingga sekarang. Pada ribuan tes yang dilakukan di Jakarta, ada jejak jasa Mayor Park dan persahabatan dua kota. Interaksi yang selama ini dibangun di tataran global itu mengantarkan pada persahabatan dan jejaring internasional," puji Anies untuk Park.

"Sejalan pesan konstitusional kita, 'ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial'," ujarnya.

Anies menambahkan, dalam situasi krisis, seperti saat pandemi ini, pertemanan dan persahabatan itu menemukan pembuktiannya.

Virus Corona Gubernur Anies Wali Kota Seoul 

Loading...

Related Post