Loading...

Advertisement

Mantan Dirut Tranjakarta Ditangkap, Begini Modus Kejahatan Donny Saragih

Mantan Dirut Tranjakarta Ditangkap, Begini Modus Kejahatan Donny Saragih
ist
Editor : Potan News — Minggu, 6 September 2020 10:36 WIB
terasjakarta.id

Tim gabungan Kejaksaan menangkap terpidana Donny Saragih, buron kasus penipuan yang sebelumnya pernah ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Dirut Transjakarta.

Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi menyampaikan, pada September 2017 lalu, Donny Saragih yang menjabat sebagai Direktur Operasional PT Lorena Transport menemui Direktur Utama PT Lorena Transport, Gusti Terkelin Soerbakti.

"Ketika itu terpidana berpura-pura sebagai pihak dari Otoritas Jasa Keuangan," kata Nirwan dalam keterangannya, Sabtu (5/9/2020).

Menurut Nirwan, Donny Saragih dibantu Corporate Sekretaris PT Lorena Transport Porman Tambunan, mengelabui Gusti Terkelin Soerbakti dengan mengaku dapat membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di PT Lorena Transport. Namun imbalannya sebesar USD 250.000.

"Uang tersebut rencananya akan ditawarkan kepada pihak OJK agar tidak membeberkan kesalahan yang dilakukan oleh PT Lorena Transport terkait perdagangan saham tidak sah," jelas dia.

Selanjutnya, uang itu diserahkan secara bertahap hingga mencapai USD 170.000 dolar dan Rp 20 juta. Hanya saja uang tersebut ternyata dipergunakan untuk kepentingan pribadi oleh Donny Saragih dan Porman Tambunan.

"Terhadap Porban Tambunan, pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat telah melakukan eksekusi pada tanggal 29 Januari 2020," kata Nirwan.

Menurut Nirwan, pengadilan telah memvonis Donny Andy Sarmedi Saragih terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran pidana 378 KUHP dengan penjara selama dua tahun. Namun setelah putusan inkracht pada Februari 2019 itu, terpidana bersikap tidak kooperatif dan melarikan diri.

"Sehingga ditetapkan sebagai DPO. Terpidana juga sempat mengajukan Permohonan Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat namun tidak pernah hadir dalam sidang," pungkasnya. 

Dirut Tranjakarta Ditangkap Modus Kejahatan Donny Saragih

Loading...

Related Post