Loading...

Advertisement

PSSI Pastikan Shopee Liga 1 Tetap Bergulir Setengah Pandemi Covid-19

PSSI Pastikan Shopee Liga 1 Tetap Bergulir Setengah Pandemi Covid-19
ist
Editor : Potan Sport Style — Sabtu, 12 September 2020 12:43 WIB
terasjakarta.id

PSSI memutuskan melanjutkan Shopee Liga 1 2020 di tengah pandemi COVID-19. Padahal, angka pertumbuhan kasus virus corona di Indonesia masih tinggi. Bagaimana nasib kompetisi jika ada pemain yang positif COVID-19 atau muncul klaster baru di daerah yang menjadi lokasi pertandingan?

"Ketika ada yang terpapar, 1-2 pemain, setengah tim, atau bahkan satu tim, sudah ada protokol kesehatan yang konkret dari PT Liga Indonesia Baru yang nanti akan diumumkan pada workshop kesehatan. Semua sudah ditata. Nanti tertuang di regulasi. Kami berharap pertandingan tidak dihentikan atau kompetisi dihentikan karena kami sudah antisipasi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi pada konferensi pers lanjutan Shopee Liga 1, Jumat (11/9/2020).

"PSSI dan PT LIB telah memiliki tim gugus tugas untuk lanjutan Shopee Liga 1 dan Liga 2. Kemudian juga membuat protokol kesehatan, yang bisa saya bilang hampir sempurna karena mengadopsi dari WHO, Liga Jerman, BNPB, Kemenkes, AFC, dan FIFA. Itu kami jadikan dua buku. Sudah disampaikan juga kepada PT LIB, tentang hal-hal apa saja yang perlu diantisipasi oleh PT LIB ketika pertandingan berlangsung ada kasus-kasus tertentu tentang COVID-19."

"Begitu banyak opsi-opsi yang ada di protokol kesehatan. Sehingga, jika ada satu klub 1-2 pemainnya positif COVID-19, sudah ada aturan-aturan yang ada di dalamnya. Karena itu, kami memberikan keleluasaan bagi tim-tim untuk mendaftarkan dua pemain U-20 dimainkan ketika, mudah-mudahan tak terjadi, ada pemain yang terpapar COVID-19. Maka, sudah diantisipasi oleh PSSI dan PT LIB," jelas Yunus Nusi.

PSSI akan memutar kembali roda kompetisi per 1 Oktober 2020. Shopee Liga 1 diputuskan untuk digelar dengan dipusatkan di Pulau Jawa. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi sentralisasi pelaksanaan kompetisi karena mayoritas tim memilih bermarkas di sana.

PSSI Shopee Liga 1 Tetap Bergulir Pandemi Covid-19

Loading...

Related Post