Loading...

Advertisement

KPJ Siap Pantau Pemilu Serentak 2020

KPJ Siap Pantau Pemilu Serentak 2020
ist
Editor : Potan News — Minggu, 13 September 2020 12:04 WIB
terasjakarta.id

Koalisi Peduli Jakarta (KPJ) mengundang para aktivis yang ada di Jakarta untuk mengawal pemilu. Oleh karena dalam diskusinya, yang bertemakan Pilkada DKI Jakarta Sebagai Episentrum Perpolitikan Indonesia, Sabtu (12/9/2020) di gelar secara online yang dipusatkan di Aula Gedung Joang 45, di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

Amos Hutauruk, Ketua Umum Koalisi Peduli Jakarta meminta para pemangku jabatan di tingkat DKI seperti Ketua KPU DKI Jakarta Nurdin, Ketua Bawaslu DKI Jakarta Burhanurddin, dan Kornas JPPR Alwan Ola Riantoby dapat menjelaskan Pilkada DKI Jakarta sebagai episentrum perpolitikan Indonesia.

Burhanurddin dalam paparannya menjabarkan bahwa Pemilu DKI Jakarta sejak 2002 hingga sekarang selalu dikotomi oleh sipil dan militer sampai mengarah pada politik identitas.

“Pilkada DKI menjadi barometer bagi daerah yang secara tidak langsung mengikuti perkembangan Pilkada yang ada di DKI Jakarta,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa kandidat pasangan calon membawa identitas politik masing – masing namun yang lebih kental adalah pada saat Pilkada DKI Jakarta yang digelar pada tahun 2017 terdiri dari tiga pasangan yaitu, Ahok – Djarot, Anies – Sandi, dan AHY – Silvyana.

Namun yang menarik baginya adalah, pada saat Pilkada DKI hanya satu stasium televisi yang dapat menayangkan sedangkan lainnya tidak terlihat. Hebatnya kata Nurdin, Pilkada DKI tanpa dukungan seluruh komponen masyarakat tidak akan terlaksana. 

“Kalau bisa Jakarta dibuat seperti rumah kaca, jadi kalu ada yang melanggar bisa dilihat,” jelasnya. 

Ditambahkan Alwan Oia Riantoby Komnas JPPR, pilkada memunculkan stabilitas ekonomi semua kalangan.

Semua pihak sangat merasakan termasuk biaya kampanye pilkada baik lokal maupun nasional sangat memberi kontribusi kepada masyarakat mulai dari membuat brosur sampai pengiriman komsumsi makanan dan minuman.

"Pilkada DKI Jakarta terlihat asimetris, jauh lebih tinggi ketimbang daerah lain karena masyarakatnya di DKI sudah cerdas,” imbuh Alwan.

KPJ Siap Pantau Pemilu Serentak 2020

Loading...

Related Post