Loading...

Advertisement

Program Grebek Lumpur, Dinas SDA Kerahkan 15 Eskavator 

Program Grebek Lumpur, Dinas SDA Kerahkan 15 Eskavator 
Waduk Ria Rio (ist)
Editor : Potan News — Senin, 21 September 2020 15:05 WIB
terasjakarta.id

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, dalam melaksanakan program grebek lumpur tidak main-main. Hal itu terbukti dari digelarnya pengerukan lumpur yang ada di Waduk Ria Rio, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan sebanyak15 alat berat eskavator atau Beko diturunkan untuk mengeruk lumpur di Waduk Ria Rio.

Menurut Juani, pengerukan dimulai pada awal Maret lalu dengan mengerahkan lima arat berat. Namun, untuk mempercepat proses pengerukan, hari ini pihaknya menurunkan 15 alat berat.

"Hari ini kita mengirimkan alat lebih kurang ada 15 eskavator dibantu dengan beberapa satgas yang ada di Sudin SDA Jakarta timur, tujuannya yaitu untuk ya menambah kapasitas tampungan air di waduk ini sendiri maupun di tempat tempat yang Laen," ujar Juaini, di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur, Senin (21/9/2020).

"Hal ini kami lakukan agar waduk bisa menampung debit air yang lebih banyak dan sebagai upaya pencegahan banjir," sambungnya.

Juani menuturkan, di tengah pandemi Covid-19 dan berkurangnya anggaran untuk pengendalian banjir karena dialihkan untuk penanganan Covid-19 di Ibukota, pihaknya tetap makukan tugas pokoknya untuk mengantisipasi terjadi genangan menghadapi musim penghujan di akhir tahun nanti.

"Karena kita lihat di pengalaman yang lalu, memang banyak terdapat genangan maka untuk itu meskipun di tengah pengurangan anggaran karena adanya covid dinas SDA tetap melaksanakan kegiatan rutin nya," ungkapnya.

Lebih lanjut Juaini menambahkan, untuk waduk Ria Rio, saat ini volume daya tampungnya sekitar 170 meter kubik. Dari rencana pengerukan kedalaman sampai 6 meter. Menurutnya, akibat hujan datang terus menerus pendangkalan lumpur terjadi di waduk Ria Rio.

"Untuk itu maka melaksanakan pengerukan secara rutin. Ya tujuannya untuk mengendalikan posisi kedalaman dan daya tampung daripada waduk Rio Rio ini sendiri," pungkasnya. 

Grebek Lumpur Dinas SDA Eskavator 

Loading...

Related Post