Loading...

Advertisement

Kenapa Bayi Tidak Perlu Pakai Empeng? Ini Alasannya 

Kenapa Bayi Tidak Perlu Pakai Empeng? Ini Alasannya 
ilustrasi (ist)
Editor : Potan Wow — Minggu, 4 Oktober 2020 09:58 WIB
terasjakarta.id

Bayi memiliki relfeks hisap yang sangat tinggi. Maka ketika ada sesuatu yang didekatkan ke mulutnya, ia akan menghisapnya dengan sungguh. Entah itu jari, ujung selimut, mainan, dot, puting susu dan empeng.

Ya, alat pengelabu yang disebut terakhir ini sudah lama digunakan para ibu untuk menenangkan bayi. Karena memang bayi akan lebih tenang pada saat mengemut sesuatu di mulutnya. Itulah maka empeng ada. Padahal, ia sedang dikelabui, seolah itu puting susu ibu ASI atau puting dot susu formula.

Tapi ketahuilah bahwa penggunaan empeng ini masih menuai pro dan kontra, bahkan di kalangan para ahli. Memang, ada manfaatnya. Tapi, itu tidak signifikan. Karena, banyak bayi bebas empeng yang juga tidak rewel dengan benda yang satu ini.

Dokter Jeffry Kristiawan pada chanel Ensiklopedia Dokter menyatakan, bahwa empeng bisa membuat bayi tenang, secara khusus pada malam hari. Bayi kerap gusar pada malam hari dan tentu itu akan membuat waktu istirahat ibu menjadi terganggu. Tapi apakah empeng jawabannya?

"Misalnya dia pengen nyusu tapi sudah kenyang, Anda bisa berikan empeng ini sebagai pemuas refleks hisapnya. Supaya dia tidak muntah karena kebanyakan minum susu, ada yang harus dikenyot. Salah satunya pakai empeng ini," ujar Dokter Jeffry.

Dokter Jeffry juga menjelaskan bahwa ada penelitian ilmuwan mengenai empeng ini dan menemukan bahwa benda dari karet elastis ini bisa menekan angka kematian mendadak pada bayi yang mengalami gagal nafas. Meski, mekanisme dalam kesimpulan ini belum ditemukan secara jelas.

"Bayi dengan penggunaan empeng resiko mati mendadak itu lebih turun. Mungkin karena gangguan pernafasan karena lidahnya masuk ke belakang atau karena dia tengkurap atau gimana yang bisa bikin bayi bisa mati mendadak," jelasnya.

Pada bagian ini sebenarnya cukup membutuhkan konsentrasi Bunda lebih penuh untuk menemaninya di setiap waktu. Intensitas mengurus bayi harus dalam kondisi siaga dan total. Itu termasuk saat ia sedang tertidur pulas, orangtua harus mengeceknya secara berkala.


Bayi Tidak Perlu Pakai Empeng

Loading...

Related Post