Advertisement

India Naikan Tiket Masuk Taj Mahal

Erwan 11 12 18 Wow
India Naikan Tiket Masuk Taj Mahal

foto istimewa

terasjakarta.id - Pemerintah India telah memutuskan untuk menaikkan harga tiket masuk objek wisata Taj Mahal hingga lima kali lipat khusus bagi turis lokal.

Harga tiket terusan untuk wisatawan lokal India, yang dapat digunakan untuk masuk ke objek wisata Taj Mahal, telah dinaikkan dari 50 rupee (sekitar Rp 10.000) menjadi 250 rupee (sekitar Rp 50.000).

Sementara wisatawan mancanegara diwajibkan membayar sekitar 19 dollar AS atau sekitar Rp 270.000, naik dari sebelumnya yang hanya 16 dollar atau sekitar Rp 230.000.

"Kami ingin orang membayar lebih untuk membatasi jumlah tapak kaki ke bangunan bersejarah itu," kata salah seorang pejabat dari Badan Survei Arkeologi India, badan yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan Taj Mahal.

Kebijakan tersebut diambil demi mengendalikan jumlah wisatawan yang mengunjungi bangunan bersejarah itu dan mengurangi kerusakan di situs wisata utama negara itu.

Jumlah turis lokal mendominasi pengunjung rata-rata Taj Mahal yang mencapai 10.000 hingga 15.000 orang per hari.

Hampir 6,5 juta orang datang untuk mengagumi mahakarya bangunan berbahan marmer putih yang didirikan pada abad ke-17, sepanjang tahun 2016. Demikian dilansir dari AFP.

"Kebijakan menaikkan harga tiket ini akan mengurangi jumlah pengunjung mausoleum hingga setidaknya 15-20 persen dan di waktu yang sama meningkatkan pendapatan untuk biaya pelestariannya," tambahnya.

Langkah tersebut diambil hanya berselang beberapa bulan setelah pihak berwenang di India mengeluarkan kebijakan membatasi jumlah pengunjung Taj Mahal menjadi 40.000 per hari, dari sebelumnya yang mencapai 70.000 per hari.

Para ahli berpendapat, tingginya aliran pengunjung yang berjalan memasuki Taj Mahal berisiko menimbulkan kerusakan permanen terhadap lantai marmer, dinding, dan pondasi bangunan.

Taj Mahal yang dibangun oleh Mughal Shah Jahan sebagai makam bagi istri tercintanya, Mumtaz Mahal itu telah masuk dalam daftar bangunan warisan dunia oleh UNESCO.(ramdhani)

Related Post

Comment