BTS Diprediksi Beri Pengaruh Besar Terhadap Ekonomi Korea

Bungaeka 19 12 18 Wow
BTS Diprediksi Beri Pengaruh Besar Terhadap Ekonomi Korea

terasjakarta.id


Pencapaian grup idola K-Pop BTS diprediksi akan berdampak positif terhadap perekonomian Korea Selatan. Dalam kurun waktu 10 tahun sejak debut, BTS diprediksi akan memberikan dampak ekonomi yang melebihi pemasukan Korea Selatan dari Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang.


Hal ini diungkapkan oleh badan penelitian Korea Selatan, Hyundai Research Institute (HRI), melalui laporan yang dipublikasikan pada Selasa (18/12). Dilansir Soompi, HRI menyatakan, dampak ekonomi yang diciptakan BTS pada 2014-2023 (10 tahun berkarier) diprediksi akan mencapai 56,2 triliun won (sekitar Rp 721 triliun).


Padahal, menurut Korea Development Institute, Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang hanya menciptakan dampak ekonomi sebesar 41,6 triliun won (Rp 533 triliun).


Prediksi HRI ini diperoleh dari berbagai matriks analsis. Di antaranya, termasuk dengan melihat Google trends, analisis regresi, analisis antarindustri, dan berbagai hal lainnya.


HRI juga memaparkan, berdasar penelitian mereka, popularitas BTS berujung pada peningkatan signifikan dalam jumlah turis ke Korea, juga dalam hal ekspor barang-barang konsumsi.

Menurut HRI, BTS kini menyumbang sekitar rata-rata 796.000 turis per tahun. Dengan kata lain, ini menggambarkan sekitar 7,6 persen dari jumlah total turis ke Korea Selatan pada 2017 (10,4 juta orang).


Selain itu, HRI juga menyebutkan BTS berkontribusi menghasilkan rata-rata Rp 15 triliun per tahun di sektor ekspor barang konsumsi. Jumlah ini setara dengan 1,7 persen dari total ekspor barang konsumsi Korea Selatan di 2017 (Rp 939 triliun).


Adapun sektor yang menikmati dampak popularitas BTS adalah industri baju, kosmetik, dan makanan. Hal ini dipengaruhi oleh iklan resmi yang dibintangi BTS dan juga presensi grup tersebut di media sosial.


BTS adalah grup idola K-Pop besutan Big Hit Entertainment. Saat ini, boyband K-Pop beranggotakan tujuh orang itu menikmati popularitas di Korea Selatan, juga di berbagai belahan dunia lainnya. Grup ini telah dua kali memenangkan penghargaan Top Social Artist dari ajang Billboard Music Awards, juga meraih aneka penghargaan prestisius dari ajang penghargaan Korea Selatan.

Related Post

Comment