Loading...

Advertisement

5 Tips Tetap Sehat Usai Perayaan Malam Tahun Baru

5 Tips Tetap Sehat Usai Perayaan Malam Tahun Baru
foto istimewa
Editor : Erwan News — Selasa, 1 Januari 2019 01:12 WIB
terasjakarta.id - Tahun 2019 tetap disambut dengan penuh optimisme. Perayaan bisa jadi tetap disiapkan menyambut pergantian tahun.


Perayaan akhir tahun biasanya berlangsung hingga dini hari dengan aneka hidangan. Terlepas dari skala perayaan, pastikan tetap bisa bisa beraktivitas dengan baik pagi harinya. Bagi yang sedang menyiapkan pesta, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut dari berbagai sumber.

1. Pemilihan Menu Makanan

Menu malam tahun baru biasanya terdiri atas berbagai hidangan yang dibakar. Penggunaan arang bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Untuk menekan risiko ini, sebaiknya gunakan bakaran listrik yang bebas arang. Selain itu pastikan makan secukupnya, jangan terbawa suasana atau lapar mata.

2. Hindari Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol sebaiknya dihindari saat pergantian tahun. Terutama jika masih harus nyetir usai perayaan tahun baru. Pengaruh alkohol meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu, pastikan tubuh masih memperoleh cukup isitirahat untuk persiapan aktivitas esok hari.

3. Bersihkan Sampah-Sampah

Masalah kebersihan kerap kali mengemuka usai perayaan skala besar atau kecil. Bekas makan, minum, bungkus kembang api, dan sampah lain dibiarkan berserakan saat perayaan berlangsung. Kebiasaan ini harus dihentikan dengan membuang sampah pada tempatnya, selama perayaan berlangsung.

4. Bersihkan Mulut Setelah Meniup Terompet

Perayaan tahun baru di Indonesia identik dengan terompet atau terompet aneka bentuk. Saat memilih, sebaiknya pastikan terompet belum dicoba konsumen atau pedagangnya sendiri. Air liur yang menempel pada terompet berisiko menularkan berbagai virus dan bakteri. Selain itu, pastikan punya daya tahan tubuh yang baik untuk mengantisipasi infeksi virus dan bakteri.

5. Penggunaan Kembang Api

Jurnal Atmospheric Environment sempat menulis bahaya kembang api yang berbahan mesiu pada kualitas udara. Sayangnya, polusi kerap tidak disadari meski kualitas udara yang menurun dan bau mesiu dapat langsung dirasakan. Partikel polusi yang terhirup berisiko menimbulkan sesak napas dan batuk. Bagi yang ingin nonton kembang api saat tahun baru, sebaiknya jangan menyaksikan terlalu dekat. Bagi yang menyalakan, ada baiknya menggunakan masker saat dekat kembang api. (Erwan)

Tips Sehat Usau Tahun Baru

Loading...

Related Post