Loading...

Advertisement

Fakta Sebelum dan Sesudah Terjadinya Longsor di Sukabumi

Fakta Sebelum dan Sesudah Terjadinya Longsor di Sukabumi
foto istimewa
Editor : Erwan News — Selasa, 1 Januari 2019 15:09 WIB
terasjakarta.id - Setelah kejadian tsunami Selat Sunda beberapa waktu lalu, kini Indonesia tertimpa becana alam kembali. Yang terbaru, pemukiman warga daerah Sukabumi, Jawa Barat terkena longsor.

Karena hal tersebut, cukup banyak orang yang meninggal dan orang yang hilang.

Dibalik kejadian tersebut, ada beberapa fakta sebelum dan sesudah bencana alam itu terjadi. Berikut Terasjakarta.id rangkum dari berbagai sumber :

1. Hujan Deras

Foto istimewa

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo, longsor terjadi akibat hujan yang terus mengguyur kawasan tersebut sehingga menyebabkan material perbukitan longsor dan menimbun sekitar 34 rumah.

2. Proses Evakuasi

Foto Istimewa

Sutopo menyebutkan ada beberapa kendala ketika dilakukannya proses evakuasi korban, seperti hujan lebat, hari yang gelap, serta akses jalan menuju lokasi yang terjal.

Selain itu, terjadi pemadaman listrik dan jaringan komunikasi yang buruk yang cukup menjadi penghambat evakuasi korban.

3. Evakuasi Awal Dilakukan dengan Alat Seadanya.

Foto Istimewa

Proses evakuasi awal terhadap korban longsor yang terjadi Senin sore (31/12/2018) di Kampung Cimapag, Kabupaten Sukabumi dilakukan dengan alat seadanya. Jasad korban dimasukkan ke dalam sarung, kemudian ditambatkan ke bambu untuk dipikul.

4. Satu Kampung Tertimbun Longsor

Foto Istimewa

Puluhan rumah yang berada di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat, tertimbun longsor , Senin (31/12/2018) sore.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, longsoran yang berasal dari bukit di kampung tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Puluhan rumah yang berada tepat di bawah bukit pun seketika rata dengan tanah tergerus longsor .

Saat ini, tim evakuasi korban masih terus mencari korban-korban yang tertimoun longsor. Hingga berita ini diturunkan, dari 107 jiwa orang yang tertimbun longsor, 60 jiwa bisa diselamatkan, 4 orang luka-luka, 9 orang meninggal dunia, dan 34 orang masih dalam proses pencarian. (Bahar)

Longsor Sukabumi Desa Simaresmi Cisolk BNPB Korban

Loading...

Related Post