Advertisement

Rabu, 2 Januari 2019 13:39 WIB

Koruptor di Borgol Saat Diperiksa, Ini Alasan KPK

Erwan —News
Koruptor di Borgol Saat Diperiksa, Ini Alasan KPK
foto istimewa
terasjakarta.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pemborgolan tahanan korupsi saat menjalani pemeriksaan sebagai bentuk meningkatkan pengamanan terhadap tahanan KPK.

"Untuk penindakan, disetujui telah diputuskan Pimpinan, KPK meningkatkan pelaksanaan pengamanan terhadap para tahanan KPK. Aturan tentang pemborgolan untuk tahanan yang keluar dari rutan mulai diterapkan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Menurut Febri, penerapan aturan pemborgolan mulai dilakukan terhadap para tahanan yang meminta pemeriksaan untuk penyidik ​​dan persidangan. Aturan pemborgolan ini juga diterapkan pada para tahanan di Bandung yang meminta pemeriksaan di persidangan.

"Dari informasi pihak pengawal pemilihan, pelaksanaan ini mulai dilakukan di Bandung dan Jakarta hari ini. Baik untuk tahanan untuk persiapan persidangan dan dari rutan ke gedung KPK untuk dilakukan pemeriksaan," jelas Febri.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo, mengatakan aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Komisi (Perkom). Menurut dia, peraturan tersebut mirip dengan yang diterapkan aparat kepolisian kepada tahanan.

"Kita sudah punya Perkom (Peraturan Komisi) sebetulnya. Perkom itu mirip dengan teman-teman di kepolisian, jadi menjadi tersangka dan tahanan kemudian setelah keluar itu bisa diborgol. Mudah-mudahan bisa diterapkan tahun 2019," jelas Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan.

Agus juga mengharapkan adanya perubahan terhadap Undang-Undang terkait sanksi sosial di masyarakat terhadap koruptor. Dia menghargai hukuman sosial di masyarakat dapat membawa efek jera bagi para koruptor.

"Kita juga mengharapkan ada perubahan terhadap UU kita yang meminta sanksi sosial. Bisa aja kan melakukan itu bisa membuat orang menjadi agak sungkan ya agak malu untuk melakukan korupsi karena memang hukumannya termasuk yang akan diterima dari masyarakat," jelas Agus.(ramdhani)

Koruptor KPK Borgol

Loading...

Related Post



Comment