Spesies Kumbang Baru Ditemukan dan Diberi Nama 3 Naga 'Game of Thrones'

Bungaeka 3 1 19 Wow
Spesies Kumbang Baru Ditemukan dan Diberi Nama 3 Naga 'Game of Thrones'

terasjakarta.id


Professor Brett Ratcliffe, ahli entomologi di University of Nebraska-Lincoln, menamakan tiga dari delapan spesies kumbang yang baru ia temukan dengan nama naga-naga di 'Game of Thrones'. Ia berharap, nama-nama itu bisa menarik perhatian publik terhadap temuan spesies baru.


Tiga spesies kumbang itu masing-masing diberi nama Drogoni, Rhaegali, dan Viserioni. Nama-nama itu adalah versi Bahasa Latin dari Drogon, Rhaegal, dan Viserion, tiga naga milik Daenerys Targaryen, salah satu karakter di kisah Game of Thrones karya George R.R. Martin.


"Ketika Anda membuat nama seperti ini, Anda melakukannya untuk bisa sedikit terkenal dan menarik perhatian publik pada temuannya," kata Ratcliffe kepada Associated Press (AP). "Kita masih dalam tahap menemukan kehidupan baru di Bumi. Satu dari setiap empat makhluk hidup di Bumi adalah kumbang. Kita bahkan belum menemukan kesemuanya," tambah dia.


Kumbang Drogoni serta Viserioni bisa ditemukan hidup di Kolombia dan Ekuador. Sementara Rhaegali hidup di Guyana Prancis. Ketiga negara tersebut berada di Amerika Selatan.


Ratcliffe mengaku dirinya adalah penggemar seri 'Game of Thrones'. Selain demi mencari perhatian publik, penamaan ini juga ia lakukan untuk bersenang-senang.


"Saya sering berpikir bahwa para ilmuwan dan peneliti terlalu serius," ujar Ratcliffe. "Ini adalah cara untuk berusaha mengganti anggapan itu."

Sepanjang kariernya, Ratcliffe telah menamai ratusan spesies baru. Menurutnya, menciptakan nama baru telah menjadi suatu hal yang sulit.


Dalam peraturannya, pemberian nama pada spesies baru menyarankan untuk tidak menggunakan humor atau makian. Ratcliffe mengatakan bahwa peraturan juga melarang penggunaan nama serupa.


Penggunaan nama karakter di Game of Thrones pada spesies baru pernah dilakukan. Sebelumnya ada tiga spesies baru cacing laut yang hidup di dasar lautan mendapat nama Abyssarya acus yang terinspirasi dari Arya Stark, lalu ada Hodor hodor dan Hodor anduril, yang terinspirasi dari si "raksasa" baik hati di 'Game of Thrones', Hodor.


Selain itu, nama Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, juga dipakai untuk menamai suatu spesies. Amfibi mirip cacing yang dinamai Dermophis donaldtrumpi itu berasal dari Panama. Penggunaan nama itu dilakukan sebagai kritik terhadap sikap Trump.

Related Post

Comment