BMKG Pasang Sensor "Water Level" di Lampung

Erwan 3 1 19 News
BMKG Pasang Sensor

foto istimewa

terasjakarta.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang alat ukur ketinggian air atau water level di dermaga Pulau Sebesi, Lampung Selatan. Dalam pemasangan ini, BMKG tak sendirian, mereka didukung oleh TNI AL.

"BMKG dibantu dan difasilitasi transportasi KRI Torani yang di miliki oleh TNI AL dalam memasang alat sensor water level di pulau yang dekat dengan gunung anak Krakatau," ujar Deputi Bidang Instrumentasi,Kalibrasi, Rekayasa,dan Jaringan Komunikasi, Widada Sulistya.

Dilansir dari kompas.com, sebelumnya BMKG telah memasang sensor semacam ini di wilayah Labuhan Banten pada 24 Desember 2018. Tepatnya, alat tersebut berada di PLTU Labuhan, Banten.

"Alat ini telah dipasang di pulau dekat gunung anak Krakatau tersebut untuk memantau ketinggian air sekaligus sebagai data dalam menentukan peringatan dini bila terjadi gelombang tsunami di Selat Sunda karena gempa tektonik maupun vulkanik," imbuh Widada.

Pemasangan alat di Lampung dan Banten ini disiapkan setelah terjadinya tsunami Selat Sunda yang diakibatkan oleh aktivitas gunung Krakatau.

Sejauh ini, BMKG memiliki 26 alat sensor water level yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain di Lampung dan Banten, alat ini diharapkan juga bisa bermanfaat dan berdampak di Tanjung Balai Karimun tempat bersandar nya kapal kapal cepat dari Batam.

"Disana kami mempunyai AWS pelabuhan/maritim, untuk mengukur ketinggian air supaya bisa memutuskan kapal untuk bersandar di mana," imbuhnya. (Erwan)

Related Post

Comment