Ide Pembangunan Masjid Istiqlal Ternyata Bukan Soekarno, Mau Tau Siapa?

Erwan 5 1 19 Wow
Ide Pembangunan Masjid Istiqlal Ternyata Bukan Soekarno, Mau Tau Siapa?

foto istimewa

terasjakarta.id - Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan Masjid Istiqlal dimaksudkan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan yang diperoleh Republik Indonesia, Masjid Istiqlal dapat kita artikan Merdeka.

Ide awal pembangunan masjid ini ialah dari KH. Wahid hasyim (menteri agama tahun 1950) dan Anwar Cokroaminoto. Tahun 1953 dibentuk pantia pembangunan Masjid Istiqlal yang diketuai Anwar Cokroaminoto.

Cokroaminoto menyampaikan rencana pembangunan masjid pada Presiden Ir. Soekarno dan ternyata mendapatkan sambutan hangat serta berjanji akan membantu sepenuhnya.

Ir. Soekarno sejak tahun 1954 oleh panitia diangkat menjadi kepala bagian teknik pembangunan Masdjid istiqlal, dan beliau juga menjadi ketua dewan juri untuk menilai syembara maket Istiqlal.

Tahun 1955 diadakan syembara membuat gambar dan maket pembangunan Masjid Istiqlal. Dari 30 Orang peserta hanya 27 orang peserta yang menyerahkan gambar. Selanjutnya setelah kembali diseleksi terpilih 5 yang pemenang. Hasil diskusi dewan juri, dari 5 pemenang tersebut terpilih arsitek Frederich Silaban dengan Sandi ketuhanan.

Pada tahun 1961 diadakan penanaman tiang pancang pertama pembangunan masjid Istiqlal. Pembangunan Istiqlal selama 17 tahun dan digunakan pertama tanggal 22 Februari 1978.(ramdhani)

Related Post

Comment