Jadi Panelis, Ketua KPK Pastikan Tidak Hadir di Debat Capres

Erwan 5 1 19 News
Jadi Panelis, Ketua KPK Pastikan Tidak Hadir di Debat Capres

foto istimewa

terasjakarta.id - Ketua KPK Agus Rahardjo memastikan dirinya tidak akan datang dalam debat capres. Keputusan ini diambil agar KPK tidak terseret ke politik.

"Kami sudah berdiskusi di KPK, kalau buat soal kita mau bantu akan berkontribusi. Tapi terkait tanggal 17 Januari waktu debat kami tidak akan datang, supaya tidak ada kesan kami ditarik ke politik," ujar Agus di Hotel Mandarin Oriental, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

Agus mengatakan dirinya memang terlibat sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan debat. Panelis menurutnya diperbolehkan tidak hadir saat debat capres berlangsung.

"Panelis itu boleh dateng boleh tidak pada waktu debat berlangsung. Kalaupun datang hanya sebagai tamu," ujar Agus.

Pada hari ini, Agus bersama panelis lainnya membahas pertanyaan sesuai dengan tema debat capres yang telah ditentukan. Namun, pembahasan belum sampai ke penyusunan pertanyaan.

"Kita berdiskusi masalah HAM dan masalah terorisme, ya itu kan saling terkait. Kita masih diskusi jadi belum tahu hasilnya," tuturnya. 

Selain Agus Rahardjo, lima panelis lain yang ikut menyusun pertanyaan adalah eks Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, guru besar hukum internasional UI Hikmahanto Juwana, pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara Bivitri Susanti, serta ahli hukum tata negara Margarito Kamis. (Bahar)

Related Post

Comment