Tiga Rumah Sakit ini Tak Terima Pasien BPJS

Potan 5 1 19 News
Tiga Rumah Sakit ini Tak Terima Pasien BPJS

foto terasjakarta.id

terasjakarta.id

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghentikan tiga rumah sakit di Jakarta untuk menerima pasien menggunakan kartu BPJS. 

Penghentian itu didasarkan surat Kemenkes perihal Perpanjangan Kerja Sama Rumah Sakit dengan BPJS Kesehatan, tertanggal 30 Desember 2018. 

Alasan keluarnya surat tersebut, karena ketiga rumah sakit belum memiliki akreditasi seperti ada dalam aturan Kemenkes.

"Sudah melayani tapi dihentikan. Di Kebayoran Lama sama Jati Padang itu sudah melayani, tapi karena keluar surat (BPJS Kesehatan), untuk sementara dihentikan dulu, kecuali UGD. Kalau UGD boleh. Kalau rawat jalan belum," kata pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI Khafifah Any dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/1/2019).

Menurut Khafifah, tiga rumah sakit tersebut memang belum terakreditasi sejak awal. Sebab ketiganya baru akan mengajukan akreditasi di tahun ini. RSUD Jati Padang sendiri baru beroperasi sejak 2017, sementara RSUD Cipayung dan Kebayoran Lama baru beroperasi pada 2018.

Sebelumnya Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan, penghentian kontrak kerja sama itu wajar, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan No 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

"Kami sampaikan informasi (pemutusan kontrak karena defisit] tersebut tidak benar. Bukan di situ masalahnya. Sampai saat ini pembayaran oleh BPJS Kesehatan tetap berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Iqbal.(ramdhani)



Related Post

    Article not found!

Comment