Advertisement

Minggu, 6 Januari 2019 08:50 WIB

6 Makanan ini Baik untuk Memperkuat Tulang

Melati —Wow
6 Makanan ini Baik untuk Memperkuat Tulang
terasjakarta.id


Tulang yang sehat dan kuat tentu menjadi dambaan setiap orang agar dapat memaksimalkan aktivitas harian. Namun, kekuatan dan kepadatan tulang biasanya akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia.


Selain faktor usia, menurunnya kesehatan tulang biasanya juga disebabkan oleh tidak tercukupinya asupan kalsium dan vitamin D. Padahal, dua komponen tersebut berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.


Selama ini sebagian besar orang hanya mengenal susu sebagai bahan makanan yang ampuh meningkatkan kesehatan tulang. Tapi, ternyata masih ada banyak makanan yang cocok dikonsumsi agar tulang tetap kuat meski usia bertambah. Apa saja?


1. Salmon


Salmon eggs benedict. (Foto: Toshiko/kumparan)

Asupan vitamin D yang cukup berguna untuk memaksimalkan penyerapan kalsium sehingga tulang tidak mudah keropos. Nah, salmon merupakan salah satu bahan makanan kaya vitamin D yang cocok dan bisa disantap secara teratur untuk menjaga kesehatan tulang.


Menyantap 300 gram salmon bahkan bisa mencukupi lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin D setiap harinya. Berpadu dengan kandungan omega-3 di dalamnya, selain meningkatkan kesehatan tulang, salmon juga dapat memperkuat enamel atau lapisan gigi agar tidak mudah berlubang.


2. Ubi


Ubi mengandung kalium yang tinggi. (Foto: Thinkstock)

Selain disajikan sebagai menu diet, ubi juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Umbi bercita rasa manis ini mengandung potasium dan magnesium yang dapat membantu menyeimbangkan keasaman di dalam tubuh. Cukupnya asupan potasium dan magnesium di dalam tubuh akan mencegah pengeroposan dikarenakan larutnya kalsium di dalam tulang.


3. Tahu


Tahu, makanan yang menyehatkan (Foto: Thinkstock)

Tahu merupakan asupan murah meriah kaya nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tak hanya kaya akan kalsium dan beberapa mineral bermanfaat, tahu juga mengandung estrogen yaitu hormon yang berperan penting menjaga serta memaksimalkan pertumbuhan tulang. Dilansir The Daily Meal, kandungan nutrisi di dalam tahu bahkan efektif untuk menurunkan risiko osteoporosis yang menyerang wanita setelah menopause.


4. Yoghurt


Ilustrasi yogurt (Foto: Dok.pixabay)

Tak hanya susu, menyantap produk turunan susu seperti keju atau yoghurt juga bisa berpengaruh pada meningkatnya pertumbuhan tulang. Sebab, kudapan bercita rasa asam ini bisa mencukupi kebutuhan kalsium, protein, dan sedikit vitamin D di dalam tubuh. Bila dikonsumsi secara teratur setiap hari, yoghurt juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mempercepat penyembuhan bagian tulang yang rusak.


5. Bayam


Ilustrasi bayam (Foto: Thinkstock)

Tentu banyak orang yang sudah tahu bahwa bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Sebut saja vitamin K, C, A, zat besi, dan beberapa mineral penting lainnya.


Perpaduan kandungan bayam yang sangat bervariasi itu ternyata sangat baik untuk mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Kandungan vitamin C dan A di dalamnya dapat mempercepat pembentukan jaringan baru yang rusak, tak terkecuali untuk tulang. Sedangkan vitamin K di dalam sayur favorit Popeye ini berguna untuk menurunkan risiko degenerasi tulang saat usia lanjut seperti osteoporosis, asam urat, hingga nyeri sendi.


6. Wijen


Minyak Wijen (Foto: Thinkstock)

Di balik gurihnya wijen, ternyata tersimpan kandungan kalsium yang cukup tinggi yakni mencapai 900 miligram dalam setiap 100 gram biji wijen. Seperti halnya susu, kandungan kalsium ini berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang bahkan di usia lanjut. Tak hanya itu saja, menambahkan wijen dalam menu makanan sehari-hari akan meningkatkan kekuatan gigi dan melarutkan plak penyebab bau mulut.

makanan tulang

Loading...

Related Post



Comment