Masa Tanggap Darurat Longsor Sukabumi Resmi Berakhir

Erwan 7 1 19 News
Masa Tanggap Darurat Longsor Sukabumi Resmi Berakhir

foto istimewa

terasjakarta.id - Masa tanggap darurat bencana tanah longsor di Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat resmi berakhir pada Minggu (6/1). Danrem 061/Suryakencana Kolonel (Inf) M Hasan mengatakan hal tersebut sesuai prosedur.


"Sesuai prosedur masa tanggap darurat bencana selama tujuh hari. Sehingga di hari ketujuh terhitung sejak 31 Desember tidak diperpanjang," katanya, Minggu (6/1). 


Dilansir dari Republika.co.id pada hari terakhir tanggap darurat bencana, tim kembali menemukan satu jenazah. Dengan demikian, total korban bencana longsor sebanyak 32 korban meninggal dunia. Ia mengatakan ada satu korban yang belum ditemukan yakni Ruhesih. Namun, pihak keluarga sudah mengiklaskan sehingga tidak dilakukan pencarian susulan. 


Setelah masa tanggap darurat bencana ini berakhir, maka seluruh potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke satuan atau instansinya masing-masing. Tim terpadu pun menyerahkan seluruh penanggulangan bencana kepada panitia lokal yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi. 


Ia pun menilai operasi kemanusiaan yang dilakukan ribuan relawan dari berbagai instansi telah dilakukan secara optimal. Hanya dalam satu pekan pencarian dan evakuasi 97 korban hilang tertimbun longsor berhasil ditemukan.  (Erwan)

Related Post

Comment