Penyebabnya Gigi yang Sensitif dan Sering Ngilu

Bungaeka 3 2 19 Biz Up
 Penyebabnya Gigi yang Sensitif dan Sering Ngilu

terasjakarta.id


Gaya hidup serba cepat yang dijalani oleh masyarakat modern, kerap membuat banyak anak muda tidak memiliki waktu untuk memikirkan kesehatan mereka. Salah satunya adalah kesehatan gigi, dalam hal ini adalah rasa ngilu pada gigi.

Nah, jika kamu merasa gak nyaman saat minum minuman yang dingin atau merasa sakit ketika membersihkan gigi, besar kemungkinan kamu mengalami gigi sensitif hingga menyebabkan rasa ngilu. Kondisi ini terjadi akibat lapisan gigi yang disebut dentin terekspos ke bagian luar gigi.


Lapisan ini terhubung dengan saluran yang berisi saraf. Sehingga ketika terpapar dengan dingin atau panas, otomatis dapat membuat gigi terasa ngilu. Eits, jangan sepelekan hal ini ya. Soalnya, 2 dari 5 orang berusia 18-35 tahun menderita gigi sensitif lho. Berikut ini beberapa penyebabnya.

1. Makanan yang kamu konsumsi

Gaya hidup yang serba cepat juga membuat banyak anak muda kurang memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Tahu gak sih? Makanan yang terlalu asam, panas, atau dingin ternyata dapat mempengaruhi kondisi gigi kamu lho. Terutama adalah makanan yang terlalu panas atau dingin. Mungkin kita kerap tidak sadar, namun ini dapat menyebabkan pengikisan pada lapisan gigi sehingga menyebabkan gigi ngilu. Jadi sebaiknya, tunggu makanan tersebut hingga pada kondisi suhu yang dapat ditolerir ya.

2. Terjadi penumpukkan plak yang berlebihan pada gigi

Apakah kamu termasuk orang yang jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan benang gigi? Nah, tujuan dari menggunakan benang gigi ini sendiri adalah untuk membuang sisa makanan pada sela gigi. Ketika tidak dibersihkan dengan benar, plak dapat terbentuk. Nah ketika plak ini menumpuk secara berlebihan, lapisan enamel yang seharusnya melindungi gigimu akan menghilang. Akibatnya, gigi kamu jadi lebih sensitif.

3. Gigi berlubang

Jika kamu memiliki masalah gigi berlubang, mungkin kamu juga perlu hati-hati nih guys. Gigi berlubang juga dapat menyebabkan rasa ngilu yang cukup hebat lho. Apalagi seiring bertambahnya usia, gigi yang sudah ditambal bisa melemah, akibatnya bakteri jadi mudah masuk dan enamel gigi pun jadi rusak.

4. Pemakaian obat kumur yang kurang bijak

Pada dasarnya, penggunaan obat kumur ini baik untuk menjaga kondisi gigi serta gusi kita agar tetap sehat. Namun beberapa obat kumur mengandung alkohol yang berpotensi membuat mulut terasa lebih kering dan gigi kamu lebih peka, apalagi jika kondisi dentin sudah terbuka. Akibatnya, saraf yang terdapat di gigi pun jadi lebih rentan terhadap rasa sakit akibat hal lain, seperti misalnya makanan yang panas atau dingin.

5. Tidak sikat gigi dengan benar

Mungkin karena harus buru-buru melakukan aktivitas, kamu pun jadi tidak ekstra hati-hati saat menyikat gigi. Saat kamu menyikat gigi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya gigi tidak ngilu dan tidak terjadi kerusakan baik pada gigi maupun gusi. Jadi, jangan sampai menyikat terlalu kasar ya. Selain itu, pemilihan bulu sikat juga berpengaruh lho. Jika gigi kamu sensitif, gunakan lah bulu sikat gigi yang lebih lembut agar tidak luka.

Related Post

Comment