Advertisement

Macam Bau Badan dan Artinya Bagi Kesehatan

Erwan 6 2 19 Jakarta style
Macam Bau Badan dan Artinya Bagi Kesehatan

foto istimewa

terasjakarta.id - Manusia pada umumnya mudah terpapar bakteri penyebab keringat dan bau badan. Dalam beberapa waktu, tubuh akan mengeluarkan berbagai macam bau. Misalnya bangun di pagi hari dengan napas yang bau, atau berkeringat berlebihan sehabis olahraga.

Bisa juga kamu menyadari kalau kakimu berbau menyengat setelah memakai sepatu seharian penuh. Tentu saja, aroma-aroma ini bersifat normal dan tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Tetapi, ada kalanya bau yang tidak sedap dapat menjadi efek samping dari penyakit atau masalah kesehatan lainnya, dan mungkin cara tubuh memberi tahu ada yang salah. Berikut berbagai macam bau di tubuh yang terkait dengan kondisi kesehatan dikutip dari Bustle.

1. Bau Mulut

Sangat wajar jika bau mulut terjadi saat bangun di pagi hari, setelah makan bawang, atau karena tidak menyikat gigi dalam beberapa jam. Namun, jika baunya tetap ada meski telah membersihkan gigi, bisa jadi ada masalah di kesehatanmu.

Jika bau mulut tak kunjung hilang meski telah sikat gigi atau menggunakan pembersih mulut lainnya, ini bisa menjadi tanda berbagai penyakit pernapasan bagian atas atau bawah dan penyakit termasuk sinusitis, infeksi tenggorokan, atau infeksi paru-paru.


2. Bau Kaki

Bau kaki dapat hilang setelah dibersihkan seperti ketika sedang mandi dan menggosoknya. Tetapi jika baunya tetap ada, itu mungkin pertanda sesuatu yang lain sedang terjadi, seperti infeksi jamur.

"Ragi, jamur, dan beberapa bakteri suka hidup di lingkungan yang hangat, lembab, gelap dan mereka dapat tumbuh di sepatu. Namun, jika aromanya menetap, dan jika melihat ruam, sisik kering pada kaki, atau jika Anda melihat kuku kaki yang tebal, kuning, atau remuk, kunjungi dokter kulit untuk memeriksa infeksi jamur pada kaki atau kuku," tutur dermatologis, Tsippora Shainhouse, MD, FAAD dikutip dari Bustle.

3. Vagina berbau

Jika vagina memiliki bau yang kuat, ini bisa menjadi tanda infeksi atau penyakit kelamin lainnya dan harus segera diperiksakan ke obgyn.

Infeksi ini bisa karena jamur, bakteri, atau penyakit menular seksual lainnya. Untuk bakteri, bau akan tercium seperti ikan busuk.

Biasanya, ini terjadi karena menggunakan tampon atau pembalut yang memiliki parfum, mengusap vagina dengan sabun, atau menggunakan serangkaian antibiotik.

4. Bau ketiak

Sepanjang hari, keringat alami akan bergabung dengan bakteri, jadi beberapa jam setelah mandi, kamu mungkin mengalami bau badan dan bukan masalah besar.

Tetapi, beberapa orang memiliki kondisi bromhidrosis, yakni tubuh yang selalu berbau dan tidak bisa hilang dengan mudah meski sudah mandi dan memakai deodoran.

Kombinasi asam lemak dan bakteri tertentu dapat menghasilkan bau tertentu. Daerah yang sangat berkeringat, seperti ketiak, adalah tempat berkembang biak utama bakteri di kulit dan folikel rambut.

5. Kulit kepala berbau

Jika terjadi perubahan pada bau kulit kepala bahkan setelah keramas, terdapat masalah pada kulit kepalamu. Apabila kondisinya tetap ada, walaupun lebih sering dicuci, kemungkinan yang terjadi yakni seborrheic dermatitis atau bahkan infeksi bakteri atau jamur

Seborrheic dermatitis adalah penyakit kulit yang terlihat mirip dengan psoriasis, eksim, atau reaksi alergi. Ini dapat muncul di tubuh serta kulit kepala dan biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa sangat gatal. (Erwan)

Related Post

Comment