Advertisement

Segmen 4 Menjadi Tantangan Bagi Moderator Debat Pilpres Anisha dan Tommy

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: article/article_view.php

Line Number: 31

Backtrace:

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/modules/plugin/views/article/article_view.php
Line: 31
Function: _error_handler

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/third_party/MX/Loader.php
Line: 357
Function: include

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/third_party/MX/Loader.php
Line: 300
Function: _ci_load

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/libraries/Template.php
Line: 119
Function: view

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/libraries/Template.php
Line: 96
Function: load

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/modules/plugin/controllers/Article.php
Line: 309
Function: loadSub

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/index.php
Line: 338
Function: require_once



Powered by CSZ CMS | Open Source Content Management with responsive
9 2 19 News
 Segmen 4 Menjadi Tantangan Bagi Moderator Debat Pilpres Anisha dan Tommy

terasjakarta.id


Debat kedua Pilpres 2019 hanya diikuti oleh Capres Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Debat yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta pada 17 Februari 2019 itu mengangkat tema tentang energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur.

Dua moderator debat, Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro mengatakan, dalam segmen empat di debat ini masing-masing calon akan berdebat secara bebas mengenai tema yang diangkat. Waktunya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu sudah menetapkan segmen ini selama 16 menit.

Menurutnya, segmen keempat sebagai debat eksploratif yang benar-benar menjadi tantangan baginya bersama Tommy sebagai moderator. Dia bersama Tommy, sebagai moderator harus bisa mengatur bagaimana waktu antarkedua capres berdebat benar-benar berimbang, tidak ada yang mendominasi, namun esensi yang ingin di dalami dalam debat tetap dapat.

"Iya itu tantangan kami di segmen empat. Bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu yang sebenarnya 16 menit kalau di televisi itu panjang. Tapi kalau mau buat bicara program lima tahun mendatang itu sangat singkat. Nah bagaimana waktu yang 16 menit ini betul-betul dimanfaatkan dengan baik oleh kedua kandidat," ujar Anisha di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Pada kesempatan yang sama, Tommy Tjokro mengaku akan mempersiapkan mental dan latihan khusus untuk menentukan pembagian peran dengan Anisha dalam mengatur jalannya debat.

"Ketika satu orang menghitung waktu berarti satu orang yang memotong. Nah ganti-gantian gitu. Jadi saya sama Anisha Dasuki sudah merencanakan peran-peran di segmen itu seperti apa," kata Tommy.

Selain itu, tantangan lain akan dihadapi keduanya, bagaimana harapan publik untuk mendapatkan sesuatu yang baru dari debat kedua pilpres bisa terpenuhi. Publik perlu mendapatkan sesuatu yang baru dari kedua calon terkait tema debat selain yang pernah dipaparkan masing-masing calon di media.

Menurutnya, debat ini harus memiliki efek kejutan yang besar. "Nah PR (pekerjaan rumah) kita juga nih, selain tidak bisa improvisasi terlalu banyak, tetapi kita harus membuat suasana debat dan suasana hati capres lebih rileks gitu sebenarnya. Jadi tidak tegang sehingga mereka juga bisa mengekspresikan ide-ide mereka lebih luas dberhubungan dengan tema yang diangkat," ucapnya.

Jangan sampai suasana tegang membuat kedua calon tidak bisa memaparkan semua ide dan pemikirannya. "Akhirnya yang kita dengarkan, lagi-lagi yang sudah kita baca, sudah kita tonton di media," katanya.

Debat kali ini akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan Inews TV. Selain itu disiarkan secara Live Streaming di iNews.id.

Related Post

Comment